Trik dan Rekomendasi Pilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress

Trik dan Rekomendasi Pilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress - Pada saat ini sudah banyak perusahaan jasa hosting yang menawarkan WordPress hosting murah. Namun bagaimana trik memilih yang paling baik?

Sekarang banyak penyedia pemberi jasa hosting menawarkan WordPress hosting untuk mereka yang memiliki situs WordPress di Indonesia. Tentu dikarenakan pemakai WordPress setiap harinya mengalami lonjakan yang kilat sehingga sangat dibutuhkan hosting khusus yang efektif dan sesuai untuk penulis WordPress tersebut.

Kondisi ini dibuktikan dengan semakin banyaknya blogger-blogger seperti travel atau fashion blogger. Dimana mereka mencurahkan talenta dan update ke website mereka, so tidak heran bila melalui langkah ini banyak penulis yang mendapatkan uang bukan hanya lewat sosial media.

Kebanyakan perusahaan penyedia hosting menawarkan berbagai fitur. Sebut saja auto install, backup otomatis, atau security.

Ketahui Dulu Awal Mula WordPress



Trik dan Rekomendasi Pilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress



Sebelum membahas tentang Trik dan Rekomendasi Pilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress, alangkah baiknya Kita tahu seperti apa WordPress. WordPress merupakan seperti software yang digunakan dalam membuat web, baik yang termasuk pribadi ataupun halaman news atau online shop pun juga memakai WordPress.

Di tahun 2003 silam, Matt Mullenweg yang adalah kreator WordPress, menemukannya karena tekanan kebutuhan akan sebuah platform guna publishing online. Pada saat itu ada software yang bernama b2, yang hampir sama dengan WordPress akan tetapi developnya telah dihentikan.

Dari sinilah Matt melihat kesempatan sehingga bersama beberapa koleganya melakukan forking b2 sehingga terbentuklah WordPress. Sampai sekarang WordPress terus mengembang dengan pesat dengan berada dibawah naungan Automattic.Inc.

Beberapa Tipe Hosting



Hosting WordPress adalah suatu layanan hosting yang dibuat secara khusus untuk pemakai CMS WordPress yang mampu membantu pemilik web bisa fokus dengan konten blog tanpa harus bersusah payah mengurus problem yang muncul karena kesalahan teknis, seperti kecepatan loading, keamanan, dan problem terbatasnya resource limit.

Hosting dibuat seperti ini agar bisa mendukung performa sebuah site WordPress, mulai dari aspek teknologi yang digunakan hingga dukungan server yang diciptakan dalam keperluan site WordPress.

Kebanyakan WordPress hosting bukan seperti suatu jenis hosting, namun lebih kepada jenis hosting manakah yang memadai dalam pemakaian WordPress. Berikut merupakan jenis hosting yang dapat dipakai sebagai website yang memakai WordPress:



  • Shared hosting





Jenis hosting ini ialah yang paling sering digunakan, jadi harga jasa hosting ini jauh lebih murah dari pada hosting lainnya. Sistem kerja shared hosting yakni perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting menempatkan server yang telah terinstall berbagai aplikasi server seperti web, database, PHP, DNS, hingga mail termasuk control panel hosting.

Kemudian pembeli akan diberikan akun sebagai control panel, dimana setelah melakukan login customer dapat menginstal dan menjalankan situsnya. Sangat simple bukan cara kerjanya, ditambah harganya yang cukup murah tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun. Penyedia pemberi shared hosting yang istimewa biasanya melakukan pembatasan penggunaan sumber daya dari 1 akun agar tidak menghabiskan seluruh sumber daya yang bisa membuat website akun lain dapat menjadi loading lama.



  • Cloud hosting





Cloud hosting adalah suatu konsep hosting baru, yang sistem kerjanya akan membentuk server yang tercabang atau saling terkoneksi antara satu dengan lain dengan tujuan mengoptimalkan sumber daya guna menjaga suatu situs agar tetap cepat.

Hal ini sangat direkomendasikan karena tidak hanya mengandalkan satu server saja, melainkan beberapa server yang saling terhubung (bekerja sama). Contohnya ada penyedia layanan hosting berbasis cloud memiliki 5 server yang saling bekerja sama maka andai saja situs Anda down pada 1 server, maka akan dialihkan ke server yang lainnya sehingga memudahkan pengunjung agar tetap bisa mengakses web Anda.



  • VPS Hosting





Semi dedicated hosting ada karena adanya sistem operasi CloudLinux, sejak saat itulah perusahaan mulai menawarkan hosting tipe ini. Dengan munculnya CloudLinux, penyedia layanan dapat memberikan pelayanan dengan sumber daya yang terjamin dan memuaskan untuk pembelinya.

Yang mana masing-masing akun dapat memakai sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Price hosting jenis ini sebanding dengan managed VPS dimana dapat memakai sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Akan tetapi dalam kecepatan website, tetap managed VPS yang masih unggul.



  • Dedicated server





Apabila Anda menggunakan hosting tipe ini maka akan dikasih 1 server yang utuh untuk Anda pakai sendiri, sumber daya yang Anda sewa bisa Anda pakai hingga puas. Namun ada dedicated server yang bersifat unmanaged dan managed, dimana yang unmanaged Anda harus lakukan konfigurasi (setting) sendiri dan managed terkait setting sudah diselesaikan oleh penyedia layanan hosting.

Perbedaan WordPress Hosting serta Kategori Hosting Lainnya



Sedikit banyak yang menanyakan beda antara WordPress hosting dan hosting lainnya. Penjelasannya adalah nyaris kesemua macam hosting bisa digunakan untuk WordPress.

Namun letak perbedaannya ada pada hosting mana yang dukung dengan penggunaan WordPress. Istilah support dengan pemakaian WordPress tidak hanya dengan support instalasi WordPress secara instan, akan tetapi serta support pada minimal spek untuk penggunaan WordPress, umumnya ada di versi PHP serta MySQL.

Selain support pada spesifikasi WordPress juga butuh kualitas hosting yang baik karena pemakaian WordPress mempunyai volume load yang cukup besar. Seringkali mengunjungi sebuah situs yang memakai WordPress sangat lambat untuk dikunjungi juga kadang-kadang down sebab overload database.

Gampangnya, sebuah situs yang menggunakan WordPress bisa dikatakan tidak enteng dalam melakukan load atau menampilkan halaman.

Oleh sebab itu blog yang menggunakan WordPress hendaklah pilih hosting yang mempunyai kualitas paling baik atau biasa dikatakan dengan hosting WordPress paling bagus. Akan tetapi bukan hanya kualitas server yang harus diperhatikan, melainkan juga harus melihat support juga fitur lainnya yang didapatkan.

Trik dan Rekomendasi Pilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress



Untuk Anda yang tahu mengenai web, tentu telah mengenal WordPress. Akan tetapi pada saat ini tidak sedikit orang yang belum paham apa itu WordPress, bagaimana sistemnya, dan juga bagaimana cara menggunakan hosting terbagus untuk WordPress.

WordPress hadir untuk mempermudah Anda yang berkecimpung di dunia web. Salah satu faktor yang wajib Anda tahu, nyaris seluruh layanan web hosting telah bisa dipakai untuk WordPress.

Kendatipun seperti itu, tidak seluruhnya menjadi paling baik dan bagus kalau diterapkan. Ketika memilih WordPress hosting tentu beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, salah satunya sisi harga yang praktis dan murah.

Bila biaya ekspensif pasti bisa membuat Anda tersedak, belum lagi apabila tidak bermanfaat dengan sempurna. Oleh karena itu Anda haruslah memilih secara cermat dan sempurna agar tidak rugi dan sia-sia. Apalagi WordPress sangat diperlukan untuk kita yang aktif di web, apalagi sekarang ini telah banyak hadirnya blogger yang memperkenalkan kemampuannya lewat tulisan.

Trik dan Rekomendasi Pilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress





  • Perhatikan Harga Vs Kualitas





Trik dan Rekomendasi Pilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress yang pertama adalah ada yang harus Anda timbang ketika ingin memilih paket hosting untuk WordPress, adalah HARGA. Anda sebaiknya memilih biaya yang cocok dengan kemampuan Anda, jangan sampai uang kita terkuras untuk membeli biaya web hosting, sehingga membuat kita harus mengutang sampai sebabkan penumpukan hutang.

Selain itu juga Anda harus samakan web hostingnya dengan kebutuhan Anda, dimana kita tidak begitu membutuhkan menggunakan WordPress yang berhosting namun Anda memaksakan untuk menggunakannya apalagi harganya yang tidak murah. Harga rata-rata untuk hosting WordPress adalah $3 - $7 setiap bulan masih termasuk dalam taraf umum untuk harga share hosting.

Dan harga VPS masih termasuk wajar apabila ada dalam rata-rata $20 - $70 per bulan.

Biaya harga yang terlalu tinggi pasti membuat kita enggan menggunakan WordPress hosting akibatnya ada penyedia nakal yang menawarkan harga yang rendah untuk ukuran hosting WordPress. Oleh karena itu kita harus waspada apakah itu untuk usahanya dan kualitasnya. Bisa saja Anda diberikan WordPress hosting tetapi kualitasnya sangat buruk. Karena itu cermatlah dalam memilih, supaya kita tidak merasa dengan mengeluarkan uang.



  • Pastikan WordPress Anda berjalan dengan optimal





Masih berhubungan dengan minimal spesifikasi hosting yang dapat digunakan untuk WorPress, kita sebaiknya memastikan WordPress bekerja dengan sempurna tanpa dihalangi error. Syarat minimal dalam memakai WordPress adalah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, yang mana Anda harus menelusuri apakah telah memenuhi segala syarat itu supaya web kita mampu berjalan dengan optimal.



  • Melihat kualitas dan reputasi penyedia layanan hosting





Nama baik sebuah penyedia sangat perlu karena mampu mencerminkan performa perusahaan tersebut serta reputasi juga bisa menarik perhatian orang lain untuk memakai jasa penyedia layanan hosting tersebut. Karena itu Anda wajib melakukan penelusuran kepada perusahaan web hosting supaya tidak dirugikan.

Karena itu bayangkan saja bila Anda memakai jasa web hosting yang tidak terpecaya, pasti keinginan kita tidak bisa dipenuhi dengan baik jadi membuat pekerjaan ita mandek. Ada banyak cara untuk mencari tahu tentang penyedia web hosting paling baik, seperti menggunakan internet untuk mencari informasi detail serta Anda bisa memantau review banyak orang lain yang memakai jasa pada penyedia layanan itu. Ini dilakukan guna melihat seberapa profesionalnya dan apakah perusahaan web hosting itu mampu bekerja dengan jujur saat {bermitra|bekerja sama|melayani klien|menjadi mitra.



  • Cari tahu fitur ekstra





Tidak seluruh orang yang mengalokasikan dana yang besar untuk WordPress hosting, ada beberapa kelompok orang yang sangat butuh hosting tetapi budget yang dipunya sedikit. Karena itu beberapa perusahaan web hosting menawarkan fitur ekstra dan program yang FREE untuk memikat customer yang memiliki budget yang sedikit.

Ini tentu sangat menarik baik dari penyedia layanan ataupun klien dari hosting wordpress. Yang mana perusahaan bakal mendapatkan income dan pelanggan web hosting bisa memakai layanan tersebut meski dananya tidak besar. Umumnya penyedia akan memberi ekstra hosting unlimited, free domain, serta beberapa lainnya. Hal ini pasti menambahkan nilai pada layanan yang telah Anda ambil dan pakai.

Semoga artikel tentang ‘Trik dan Rekomendasi Pilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress’ memiliki manfaat untuk Anda sebelum membikin situs.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik dan Rekomendasi Pilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress"

Post a Comment