Berikut Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk WordPress

Berikut Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk WordPress - Pada saat ini sudah menjamur penyedia jasa hosting yang memberikan WordPress hosting murah. Namun bagaimana tips memilih yang terbaik?

Sekarang banyak perusahaan pemberi jasa hosting menawarkan WordPress hosting untuk Anda yang memiliki situs WordPress di Nusantara. Tentu disebabkan pengguna WordPress setiap harinya mengalami kenaikan yang drastis sehingga dibutuhkan hosting khusus yang positif dan memadai untuk penulis WordPress tersebut.

Kondisi ini dibuktikan dengan banyaknya blogger-blogger seperti travel atau fashion blogger. Yang mana mereka mencurahkan talenta dan info ke blog mereka, jadi tidak kaget apabila lewat jalur ini banyak orang yang berpenghasilan uang bukan hanya melalui sosmed.

Kebanyakan layanan penyedia hosting memberikan banyak fasilitas. Seperti auto install, backup otomatis, atau security.

Simak Dulu Awal Mula WordPress



Berikut Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk WordPress



Sebelum mempelajari tentang Berikut Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk WordPress, baiknya Anda kenal tentang WordPress. WordPress yakni semacam software yang digunakan dalam membuat blog, entah itu yang termasuk personal maupun situs berita hingga toko online sekalipun juga memakai WordPress.

Pada tahun 2003 silam, Matt Mullenweg yang adalah kreator WordPress, menemukannya disebabkan desakan kebutuhan tentang sebuah tools guna publishing online. Pada saat itu ada platform yang bernama b2, yang serupa dengan WordPress namun pengembangannya telah distop.

Disini Matt melihat kesempatan sehingga bersama beberapa temannya melakukan forking b2 sehingga terciptalah WordPress. Hingga sekarang WordPress terus mengembang dengan pesat dengan berada dibawah perusahaan Automattic.Inc.

Berbagai Tipe Hosting



Hosting WordPress ialah suatu penyedia hosting yang dibuat secara khusus untuk pemakai CMS WordPress yang dapat membantu pemilik web bisa fokus pada konten web tanpa repot lagi menangani masalah yang ada akibat kesalahan teknis, seperti masa loading, keamanan, atau masalah terbatasnya resource limit.

Hosting diciptakan sedemikian rupa agar bisa tingkatkan tampilan sebuah situs WordPress, mulai dari bagian teknologi yang dipakai hingga arsitektur server yang diciptakan dalam keperluan website WordPress.

Kebanyakan WordPress hosting bukan seperti suatu jenis hosting, akan tetapi lebih sebagai kepada jenis hosting mana yang memadai dalam pemakaian WordPress. Berikut ini merupakan jenis hosting yang bisa dipakai untuk blog yang menggunakan WordPress:



  • Shared hosting





Jenis hosting ini yakni yang paling banyak dipakai, sehingga harga jasa hosting ini sangat lebih murah dibanding hosting lain. Cara kerja shared hosting yaitu perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting menempatkan server yang telah terinstall beberapa aplikasi server seperti web, database, PHP, DNS, hingga mail juga control panel hosting.

Selanjutnya konsumen akan diberikan akun sebagai control panel, yang mana setelah melakukan login customer bisa menginstal dan menjalankan websitenya. Sangat sederhana bukan cara kerjanya, ditambah harganya yang murah tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun. Penyedia pemberi shared hosting yang bagus biasanya melakukan pembatasan pemakaian sumber daya dari 1 akun agar tidak menguras seluruh sumber daya yang bisa membuat website akun lain dapat menjadi loading lama.



  • Cloud hosting





Cloud hosting adalah suatu konsep hosting baru, yang cara kerjanya akan membentuk server yang tercabang alias saling terhubung antara satu dengan yang lain dengan tujuan memaksimalkan sumber daya guna menjaga suatu blog agar tetap cepat.

Hosting ini sangat disarankan karena tidak hanya mengutamakan satu server saja, akan tetapi beberapa server yang saling terkoneksi (bekerja sama). Misalnya saja ada penyedia layanan hosting berbasis cloud memiliki 5 server yang saling terhubung maka kalau situs Anda tidak bisa diakses pada 1 server, maka akan teralihkan ke server yang lainnya sehingga meringankan pengunjung agar tetap dapat menjangkau blog kita.



  • VPS Hosting





Semi dedicated hosting timbul dikarenakan adanya sistem operasi CloudLinux, sejak saat itulah perusahaan mulai menawarkan hosting tipe ini. Dengan adanya CloudLinux, penyedia layanan bisa memberikan pelayanan dengan sumber daya yang aman dan memuaskan untuk customernya.

Yang mana tiap-tiap akun dapat menggunakan sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Daftar harga hosting tipe ini setara dengan managed VPS yang mana dapat memakai sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Tetapi dalam loading website, tetap managed VPS yang masih unggul.



  • Dedicated server





Kalau Anda memakai hosting semacam ini maka akan diberikan 1 server yang utuh untuk Anda pakai sendiri, sumber daya yang Anda sewa bisa Anda pakai hingga puas. Tetapi ada dedicated server yang bersifat unmanaged serta managed, dimana yang unmanaged Anda Wajib lakukan konfigurasi (setting) sendiri dan managed tentang konfigurasi (setting) sudah ditangani oleh perusahaan layanan hosting.

Yang Membedakan WordPress Hosting serta Jenis Hosting Lainnya



Cukup banyak yang menyoal perbedaan antara WordPress hosting dan hosting lainnya. Penjabarannya ialah nyaris kesemua tipe hosting dapat digunakan untuk WordPress.

Hanya saja letak perbedaannya ada di hosting mana yang support dengan penggunaan WordPress. Maksud support dengan penggunaan WordPress bukan hanya dengan support instalasi WordPress secara instan, akan tetapi serta support pada minimal spek untuk penggunaan WordPress, kebanyakan ada di versi PHP serta MySQL.

Selain support pada spesifikasi WordPress juga membutuhkan kualitas hosting yang optimal karena penggunaan WordPress memiliki volume load yang besar. Sangat sering mengunjungi sebuah website yang memakai WordPress sangat lambat untuk dikunjungi juga kadang-kadang down dikarenakan overload database.

Gampangnya, sebuah situs yang memakai WordPress dapat dibilang tidak enteng dalam melakukan load atau menampilkan halaman.

Oleh karena itu website yang memakai WordPress hendaklah menyeleksi hosting yang mempunyai kualitas terbagus atau biasa disebut dengan hosting WordPress terbaik. Akan tetapi tidak hanya kualitas server yang wajib dilihat seksama, tetapi juga harus melihat support juga fitur lainnya yang akan didapat.

Berikut Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk WordPress



Bagi kita yang paham tentang web, sudah barang tentu telah kenal WordPress. Tetapi sampai sekarang tidak sedikit orang yang belum mengerti apa itu WordPress, seperti apa prosesnya, serta juga seperti apa cara memilih hosting paling bagus untuk WordPress.

WordPress hadir untuk memudahkan mereka yang berkarya dalam bidang blog. Salah satu faktor yang harus mereka tahu, hampir semua layanan web hosting sudah bisa digunakan untuk WordPress.

Walaupun demikian, tidak semuanya jadi paling baik dan paling bagus bila digunakan. Saat memilih WordPress hosting tentu banyak hal yang Wajib kita timbang, salah satunya sisi tarif yang efektif dan murah.

Andai biaya mahal pasti dapat membuat Anda tersedak, belum lagi jika tidak berfungsi dengan baik. Karena itu kita haruslah memilih dengan teliti serta cerdas agar tidak rugi dan percuma. Apalagi WordPress sangat diperlukan untuk kita yang aktif di blog, apalagi sekarang sudah banyak munculnya blogger yang memperkenalkan kelihaiannya melalui tulisan.

Berikut Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk WordPress





  • Perhatikan Harga Vs Kualitas





Berikut Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk WordPress yang pertama adalah ada yang harus kita timbang apabila ingin memilih paket hosting untuk WordPress, yaitu HARGA. Anda direkomendasikan memilih biaya yang sesuai dengan kapasitas Anda, jangan sampai uang kita lenyap untuk membeli biaya hosting web, sehingga membuat Anda harus hutang bahkan sebabkan penambahan hutang.

Dan juga Anda harus sesuaikan web hostingnya dengan kebutuhan Anda, yang mana Anda tidak begitu butuh menggunakan WordPress yang berhosting tetapi Anda memaksakan untuk memakainnya terlebih lagi harganya yang cukup tinggi. Harga sebagian banyak untuk hosting WordPress adalah $3 - $7 per bulannya masih termasuk dalam taraf pada umumnya untuk harga share hosting.

Dan harga VPS masih termasuk umum jika ada pada rata-rata $20 - $70 setiap bulan.

Biaya harga yang terlalu tinggi tentu bikin Anda enggan memakai WordPress hosting sehingga ada penyedia nakal yang menawarkan harga yang rendah untuk ukuran WordPress hosting. Sebab itu kita haruslah waspada baik itu untuk usaha serta kualitasnya. Mungkin saja Anda diberi WordPress hosting tetapi kualitasnya jelek. Sebab itu cermatlah dalam membeli, agar kita tidak merasa telah mengeluarkan uang.



  • Pastikan WordPress Anda berjalan secara optimal





Masih mengenai minimal spek hosting yang bisa dipakai untuk WorPress, kita sebaiknya memastikan WordPress berjalan dengan optimal tanpa dihalangi error. Syarat minimal dalam menggunakan WordPress adalah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, yang mana Anda harus memeriksa apakah sudah memenuhi segala kriteria tersebut agar blog Anda dapat bekerja dengan optimal.



  • Memantau kualitas dan nama baik perusahaan layanan hosting





Nama baik sebuah perusahaan sangat penting karena dapat mencerminkan kinerja perusahaan itu serta branding juga bisa menarik perhatian banyak orang untuk memakai jasa penyedia layanan hosting tersebut. Karena itu Anda harus melakukan penelusuran kepada penyedia web hosting supaya tidak dirugikan.

Jadi andaikan saja apabila Anda menggunakan jasa web hosting yang tidak akuntable, pasti kebutuhan Anda tidak bisa dipenuhi dengan maksimal sehingga membuat pekerjaan Anda telantar. Terdapat banyak cara untuk riset mengenai penyedia web hosting paling bagus, seperti memanfaatkan internet untuk mencari informasi detail atau Anda dapat melihat review orang lain yang memakai jasa pada perusahaan tersebut. Ini dilakukan untuk melihat seberapa profesionalnya dan apakah perusahaan web hosting itu mampu bekerja dengan jujur saat {bermitra|bekerja sama|melayani klien|menjadi mitra.



  • Apa ada fitur yang lain





Tidak seluruh orang yang mempunyai dana yang banyak untuk hosting, ada beberapa kelompok orang yang sangat perlu hosting namun dana yang dimiliki sedikit. Sebab itu beberapa perusahaan web hosting memberi fitur ekstra juga program yang FREE untuk memikat customer yang memiliki dana yang sedikit.

Ppsi pasti sangat menguntungkan baik dari penyedia layanan maupun klien dari web hosting. Yang mana perusahaan bakal punya pemasukan dan pelanggan web hosting dapat menggunakan layanan tersebut walau dananya tidak besar. Biasanya perusahaan akan menawarkan ekstra hosting unlimited, free domain, serta beberapa lainnya. Pilihan pasti menambahkan nilai dalam layanan yang telah Anda ambil dan pakai.

Semoga artikel tentang ‘Berikut Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk WordPress’ bermanfaat untuk kita sebelum bikin blog.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berikut Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk WordPress"

Post a Comment