Informasi Cara Memilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress

Informasi Cara Memilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress - Sekarang ini sudah menjamur penyedia jasa hosting yang memberi penawaran WordPress hosting murah. Akan tetapi bagaimana trik memilih yang paling bagus?

Saat ini banyak penyedia layanan jasa hosting menawarkan WordPress hosting untuk mereka yang miliki situs WordPress di Tanah Air. Ini dikarenakan pemakai WordPress setiap harinya mengalami peningkatan yang drastis sehingga membutuhkan hosting khusus yang efisien dan patut untuk penulis WordPress tersebut.

Ini terbukti dengan melubernya penulis seperti travel atau fashion blogger. Yang mana mereka meluapkan talenta dan informasi lewat blog mereka, sehingga tidak kaget bila melalui jalur ini banyak penulis yang menghasilkan uang bukan hanya melalui sosial media.

Umumnya layanan penyedia hosting menawarkan banyak fitur. Contohnya auto install, backup otomatis, dan security.

Ketahui Dulu Awal Mula WordPress



Informasi Cara Memilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress



Sebelum mempelajari tentang Informasi Cara Memilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress, ada baiknya Kita tahu tentang WordPress. WordPress ialah semacam platform yang digunakan dalam membuat blog, baik yang berbentuk personal dan halaman berita atau toko online pun juga memakai WordPress.

Di tahun 2003 silam, Matt Mullenweg yang adalah penemu WordPress, menemukannya karena tekanan kebutuhan akan sebuah platform untuk publishing online. Ketika itu terdapat platform yang disebut b2, yang hampir sama dengan WordPress akan tetapi pengembangannya telah dihentikan.

Dari sinilah Matt mengamati kesempatan sehingga bersama beberapa koleganya melakukan forking b2 hingga terbentuklah WordPress. Sampai sekarang WordPress terus bertumbuh dengan cepat dengan berada dibawah perusahaan Automattic.Inc.

Beberapa Tipe Hosting



Hosting WordPress adalah suatu penyedia hosting yang dibuat secara khusus untuk pemakai CMS WordPress yang bisa membantu pemilik website bisa fokus dengan konten blognya tanpa kesusahan menangani problem yang ada akibat kesalahan teknis, misalnya masa loading, keamanan, atau masalah terbatasnya resource limit.

Hosting diciptakan seperti itu supaya dapat tingkatkan performa sebuah website WordPress, entah dari aspek teknologi yang dipakai atau arsitektur server yang diciptakan sebagai keperluan situs WordPress.

Kebanyakan WordPress hosting bukan sebagai suatu jenis hosting, tetapi lebih sebagai kepada jenis hosting yang mana yang memadai dalam pemakaian WordPress. Berikut ada beberapa jenis hosting yang dapat dipakai untuk website yang memakai WordPress:



  • Shared hosting





Jenis hosting ini yaitu yang cukup sering dipakai, sehingga harga layanan hosting ini sangat lebih murah daripada hosting lain. Proses kerja shared hosting yaitu perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting menempatkan server yang telah terinstall berbagai aplikasi server mulai dari web, database, PHP, DNS, hingga mail juga control panel hosting.

Setelah itu pembeli akan dikasih akun sebagai control panel, dimana setelah melakukan login pembeli bisa mengupload dan menjalankan webnya. Sangat praktis bukan cara kerjanya, ditambah harganya yang murah tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun. Perusahaan pemberi shared hosting yang istimewa biasanya melakukan pembatasan pemakaian sumber daya dari 1 akun agar tidak memboroskan seluruh sumber daya yang bisa membuat website akun lain dapat menjadi loading lama.



  • Cloud hosting





Cloud hosting merupakan suatu bentuk hosting baru, yang proses kerjanya akan membentuk server yang tercabang atau saling terhubung antara satu dengan yang lain bertujuan memaksimalkan sumber daya guna menjaga suatu website agar tetap online.

Jenis hosting ini sangat disarankan karena bukan hanya mengandalkan satu server saja, tetapi beberapa server yang saling terhubung (bekerja sama). Contohnya terdapat penyedia layanan hosting berbasis cloud mempunyai 5 server yang saling terhubung maka jikalau situs Anda down di 1 server, maka akan dipindahkan ke server yang lain sehingga meringankan pengunjung agar tetap bisa mengakses situs kita.



  • VPS Hosting





Semi dedicated hosting timbul karena adanya sistem operasi CloudLinux, semenjak itulah perusahaan mulai memberikan penawaran hosting tipe ini. Dengan adanya CloudLinux, perusahaan bisa memberikan pelayanan dengan sumber daya yang terjamin dan memuaskan untuk customernya.

Yang mana tiap-tiap akun mampu menggunakan sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Price hosting macam ini hampir sama dengan managed VPS dimana bisa memakai sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Tetapi dalam loading website, tetap managed VPS yang masih unggul.



  • Dedicated server





Jika Anda memakai hosting tipe ini maka akan dikasih 1 server yang penuh untuk Anda pakai sendiri, sumber daya yang Anda sewa dapat Anda gunakan hingga puas. Tetapi terdapat dedicated server yang bersifat unmanaged juga managed, dimana yang unmanaged Anda Wajib melakukan setting sendiri juga managed terkait setting sudah ditangani oleh penyedia layanan hosting.

Yang Membedakan WordPress Hosting serta Tipe Hosting Lain



Banyak yang menyoal beda antara WordPress hosting dengan hosting lainnya. Pengartiannya yakni nyaris banyak tipe hosting dapat digunakan untuk WordPress.

Namun letak perbedaannya ada di hosting manakah yang mendukung dengan pemakaian WordPress. Maksud support dengan pemakaian WordPress bukan hanya terbatas support instalasi WordPress secara instan, tapi serta support pada minimal spek untuk pemakaian WordPress, biasanya terletak dalam versi PHP dan MySQL.

Selain dukungan pada spesifikasi WordPress juga memerlukan kualitas hosting yang optimal karena penggunaan WordPress memiliki kapasitas load yang cukup tinggi. Sudah sering melihat sebuah website yang memakai WordPress terlalu lama untuk dikunjungi juga terkadang down sebab overload database.

Intinya, sebuah blog yang memakai WordPress bisa dikatakan tidak enteng dalam melakukan load atau menampilkan halaman.

Oleh sebab itu situs yang menggunakan WordPress hendaklah menyeleksi hosting yang memiliki kualitas terbagus atau bisa dikatakan dengan hosting WordPress paling bagus. Tapi tidak hanya kualitas server yang wajib diperhatikan, tetapi juga harus melihat support juga fitur lainnya yang didapatkan.

Informasi Cara Memilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress



Untuk kita yang paham dengan website, tentu telah kenal WordPress. Tetapi pada saat ini tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa yang disebut WordPress, bagaimana sistemnya, dan juga bagaimana cara pilih hosting paling baik untuk WordPress.

WordPress ada untuk memudahkan Anda yang berkarya dalam dunia web. Salah satu faktor yang wajib mereka tahu, nyaris semua layanan web hosting sudah siap dipakai untuk WordPress.

Kendati seperti itu, tidak semuanya menjadi paling baik dan bagus bila digunakan. Ketika memilih WordPress hosting pasti beberapa hal yang Wajib kita pertimbangkan, salah satunya faktor biaya yang praktis dan murah.

Jika biaya besar pasti bisa membuat Anda tercekik, belum lagi apabila tidak berfungsi dengan sempurna. Oleh karena itu Anda haruslah memilih dengan teliti dan sempurna supaya tidak rugi dan sia-sia. Terlebih WordPress sangat diperlukan bagi mereka yang aktif di website, apalagi sekarang ini telah banyak timbul blogger yang memperkenalkan kemampuannya lewat tulisan.

Informasi Cara Memilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress





  • Perhatikan Harga dan Kualitas





Informasi Cara Memilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress yang pertama adalah ada yang harus kita pertimbangkan jika ingin memilih paket hosting untuk WordPress, yaitu harga. Anda sebaiknya memilih biaya yang cocok dengan kemampuan Anda, sebaiknya tidak sampai uang Anda musnah untuk membeli biaya hosting, dan membuat Anda harus hutang bahkan sebabkan penumpukan hutang.

Dan juga Anda harus sesuaikan web hostingnya dengan keinginan Anda, yang mana kita tidak begitu butuh memakai WordPress yang berhosting namun Anda memaksakan untuk menggunakannya apalagi harganya yang tidak sedikit. Harga sebagian banyak untuk hosting adalah $3 - $7 setiap bulan masih termasuk dalam taraf umum untuk harga hosting.

Sementara harga hosting VPS masih termasuk wajar apabila ada dalam range $20 - $70 per bulan.

Biaya harga yang sangat tinggi tentu bikin Anda enggan menggunakan WordPress hosting akibatnya muncullah penyedia nakal yang memberi harga yang terlalu rendah untuk ukuran WordPress hosting. Oleh sebab itu Anda haruslah mewaspadai baik itu untuk usaha juga kualitas. Andai saja Anda diberi WordPress hosting tetapi kualitasnya sangat buruk. Oleh sebab itu pintarlah dalam memilih, supaya kita tidak rugi dengan mengeluarkan uang.



  • Mantapkan WordPress kita work dengan maksimal





Masih mengenai minimal spesifikasi hosting yang dapat digunakan untuk WorPress, Anda sebaiknya memastikan WordPress berjalan dengan maksimal tanpa dihalangi problem. Syarat minimal ketika menggunakan WordPress adalah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, yang mana Anda Wajib memeriksa apa telah memenuhi segala persyaratan tersebut supaya situs Anda bisa bekerja secara optimal.



  • Riset kualitas dan nama baik penyedia layanan hosting





Reputasi sebuah penyedia sangat utama karena mampu mencerminkan kinerja penyedia tersebut dan reputasi juga bisa menarik perhatian banyak orang untuk menggunakan jasa perusahaan layanan hosting itu. Oleh karena itu Anda wajib melakukan penelusuran kepada penyedia web hosting agar tidak dirugikan.

Jadi bayangkan saja jika Anda menggunakan jasa web hosting yang tidak kredible, tentu saja kebutuhan kita tidak dapat dipenuhi dengan maksimal dan membuat pekerjaan ita telantar. Terdapat banyak cara untuk riset tentang penyedia web hosting paling baik, seperti menggunakan internet untuk mencari informasi yang banyak atau Anda bisa melihat review orang lain yang membeli jasa pada penyedia layanan tersebut. Ini diperlukan guna memantau seberapa profesionalnya dan apakah penyedia hosting itu mampu bekerja secara jujur dalam {bermitra|bekerja sama|melayani klien|menjadi mitra.



  • Cari tahu fitur tambahan





Tidak seluruh orang yang mempunyai dana yang bejibun untuk WordPress hosting, terdapat beberapa golongan orang yang sangat butuh hosting tetapi dana yang dipunya terbatas. Sebab itu sejumlah perusahaan web hosting menawarkan bonus tambahan serta program yang gratis untuk menarik customer yang memiliki dana yang terbatas.

Pilihan pasti sangat menguntungkan baik dari penyedia layanan ataupun klien dari hosting wordpress. Dimana penyedia akan mempunyai income dan pelanggan web hosting mampu memakai layanan tersebut kendati dananya tidak besar. Biasanya penyedia akan memberikan ekstra domain gratis, free installer, dan lainnya. Fitur ini tentu menambahkan nilai dalam layanan yang telah kita pilih dan pakai.

Semoga artikel tentang ‘Informasi Cara Memilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress’ berguna untuk Anda sebelum membuat blog.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Cara Memilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress"

Post a Comment