Bagaimana Rekomendasi Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress

Bagaimana Rekomendasi Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress - Sekarang ini sudah banyak penyedia jasa hosting yang memberikan WordPress hosting murah. Akan tetapi bagaimana cara memilih yang paling baik?

Saat ini banyak penyedia pemberi jasa hosting menawarkan WordPress hosting untuk Anda yang memiliki situs WordPress di Indonesia. Tak lain disebabkan pemakai WordPress selalu mengalami peningkatan yang cepat sehingga sangat dibutuhkan hosting khusus yang efisien dan memuaskan untuk blogger WordPress tersebut.

Ini membuktikan dengan banyaknya blogger-blogger seperti travel atau fashion blogger. Dimana mereka menyalurkan bakat dan update via website mereka, jadi tidak kaget apabila lewat jalur ini banyak penulis yang mendapatkan uang tidak hanya lewat sosial media.

Umumnya layanan penyedia hosting menyodorkan berbagai fasilitas. Contohnya auto install, backup otomatis, atau security.

Cari Tahu Dulu Awal Mula WordPress



Bagaimana Rekomendasi Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress



Sebelum menyampaikan tentang Bagaimana Rekomendasi Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress, alangkah baiknya Kita mengetahui apakah WordPress. WordPress yakni sejenis tools yang digunakan dalam membuat web, baik itu yang berbentuk pribadi dan halaman news hingga toko online pun juga memakai WordPress.

Saat tahun 2003 silam, Matt Mullenweg yang adalah kreator WordPress, menemukannya sebab tekanan kebutuhan akan sebuah platform untuk publishing online. Ketika itu ada platform yang bernama b2, yang hampir sama dengan WordPress akan tetapi developnya telah distop.

Disini Matt menilai peluang sehingga bersama beberapa koleganya melakukan forking b2 sehingga terciptalah WordPress. Hingga saat ini WordPress terus berkembang dengan pesat dengan berada dibawah perusahaan Automattic.Inc.

Tipe-Tipe Hosting



WordPress hosting merupakan suatu layanan hosting yang dibuat secara khusus untuk pengguna CMS WordPress yang mampu membantu pemilik blog bisa fokus dengan konten blognya tanpa repot lagi mengurus masalah yang muncul akibat kesalahan teknis, seperti kecepatan website, security, dan masalah terbatasnya resource limit.

Hosting dibuat sedemikian rupa agar dapat memperbaiki tampilan sebuah site WordPress, baik dari aspek teknologi yang digunakan maupun arsitektur server yang didesain sebagai keperluan site WordPress.

Kebanyakan WordPress hosting bukan sebagai suatu jenis hosting, melainkan lebih kepada jenis hosting mana yang support dalam pemakaian WordPress. Berikut ada beberapa jenis hosting yang bisa digunakan sebagai website yang menggunakan WordPress:



  • Shared hosting





Tipe hosting ini merupakan yang cukup populer digunakan, sehingga harga jasa hosting ini jauh lebih murah daripada hosting lain. Cara kerja shared hosting adalah perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting memberikan server yang telah terinstall beberapa aplikasi server mulai dari web, database, PHP, DNS, atau mail maupun control panel hosting.

Selanjutnya customer akan diberi akun untuk control panel, dimana setelah melakukan login customer dapat mengupload dan menjalankan webnya. Sangat simpel bukan cara kerjanya, ditambah harganya yang terjangkau tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun. Perusahaan pemberi shared hosting yang ciamik biasanya melakukan pembatasan pemakaian sumber daya dari 1 akun agar tidak menghabiskan seluruh sumber daya yang bisa membuat website akun lain dapat menjadi loading lama.



  • Cloud hosting





Cloud hosting ialah suatu konsep hosting baru, yang sistem kerjanya akan membentuk server yang tercabang alias saling terkoneksi antara satu dengan lainnya bertujuan mengoptimalkan sumber daya guna menjaga suatu situs agar tetap on fire.

Hal ini sangat disarankan karena tidak hanya mengandalkan satu server saja, tetapi beberapa server yang saling terkoneksi (bekerja sama). Misalnya saja ada penyedia layanan hosting berbasis cloud memiliki 5 server yang saling terkoneksi maka jika situs Anda down dalam 1 server, maka akan teralihkan ke server yang lainnya sehingga memudahkan pengunjung agar tetap bisa melihat situs kita.



  • VPS Hosting





Semi dedicated hosting timbul dikarenakan adanya sistem operasi CloudLinux, semenjak itulah perusahaan mulai memberikan penawaran hosting macam ini. Dengan hadirnya CloudLinux, perusahaan dapat memberikan pelayanan dengan sumber daya yang aman dan memuaskan untuk pelanggannya.

Dimana setiap akun dapat memakai sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Price hosting macam ini sebanding dengan managed VPS dimana bisa memakai sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Akan tetapi dalam kecepatan website, tetap managed VPS yang masih unggul.



  • Dedicated server





Jika Anda memakai hosting jenis ini maka akan dikasih 1 server yang utuh untuk Anda gunakan sendiri, sumber daya yang Anda sewa dapat Anda gunakan hingga puas. Tetapi ada dedicated server yang bersifat unmanaged juga managed, dimana yang unmanaged Anda Wajib lakukan konfigurasi (setting) sendiri dan managed mengenai konfigurasi telah ditangani oleh perusahaan layanan hosting.

Beda WordPress Hosting dengan Tipe Hosting Lain



Sudah banyak yang menanyakan perbedaan antara WordPress hosting dan hosting yang lain. Pengartiannya yaitu nyaris kesemua tipe hosting bisa digunakan untuk WordPress.

Tetapi letak perbedaannya ada pada hosting apa yang dukung dengan pemakaian WordPress. arti dari support dengan pemakaian WordPress tidak hanya dengan support instalasi WordPress secara instan, tapi juga support pada minimal spek untuk penggunaan WordPress, kebanyakan ada di versi PHP serta MySQL.

Selain mendukung pada spesifikasi WordPress juga membutuhkan kualitas hosting yang bagus karena pemakaian WordPress mempunyai volume load yang tinggi. Sangat sering mengunjungi sebuah website yang menggunakan WordPress sangat lama untuk dilihat juga kadang-kadang down karena overload database.

Lebih mudahnya, sebuah situs yang memakai WordPress bisa dibilang tidak enteng dalam melakukan load atau menampilkan halaman.

Oleh sebab itu blog yang memakai WordPress lebih baik pilih hosting yang memiliki kualitas paling bagus atau biasa diartikan dengan hosting WordPress terbagus. Akan tetapi tidak hanya kualitas server yang wajib diseleksi, tetapi juga harus memperhatikan support juga fitur lain yang didapatkan.

Bagaimana Rekomendasi Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress



Untuk Anda yang fasih tentang web, hampir pasti telah mengenal WordPress. Namun sampai sekarang tidak sedikit orang yang belum tahu apa yang disebut WordPress, bagaimana prosesnya, dan juga bagaimana cara pilih hosting paling baik untuk WordPress.

WordPress muncul untuk mempermudah kita yang berkecimpung di dunia blog. Salah satu faktor yang harus Anda ketahui, hampir semua layanan web hosting sudah bisa dipakai untuk WordPress.

Kendati seperti itu, tidak semuanya menjadi terbaik dan bagus kalau diterapkan. Saat memilih WordPress hosting pasti beberapa hal yang Wajib kita pertimbangkan, salah satunya sisi biaya yang efektif dan terjangkau.

Kalau biaya besar tentu saja bisa membuat Anda tersedak, belum lagi kalau tidak berfungsi dengan sempurna. Oleh karena itu kita haruslah memilih secara teliti serta tepat supaya tidak rugi dan sia-sia. Apalagi WordPress sangat dibutuhkan untuk kita yang aktif di web, apalagi sekarang sudah banyak timbul blogger yang memperkenalkan kelihaiannya lewat tulisan.

Bagaimana Rekomendasi Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress





  • Lihat Harga dan Kualitas





Bagaimana Rekomendasi Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress yang pertama ialah ada yang harus Anda pertimbangkan jika ingin memilih paket hosting untuk WordPress, yaitu harga. Anda haruslah memilih biaya yang pas dengan kemampuan Anda, sebaiknya tidak sampai uang Anda habis guna membeli biaya hosting, sehingga membuat Anda harus hutang sehingga timbulkan penumpukan hutang.

Serta juga kita harus samakan web hostingnya dengan kebutuhan kita, dimana Anda tidak begitu butuh menggunakan WordPress yang berhosting namun Anda memaksakan untuk menggunakannya apa lagi harganya yang tidak murah. Harga kisaran untuk WordPress hosting antara $3 - $7 setiap bulan masih termasuk dalam taraf pada umumnya untuk harga share hosting.

Dan harga VPS masih termasuk umum bila berada dalam kisaran $20 - $70 setiap bulan.

Tawaran harga yang terlalu tinggi tentu bikin Anda malas membeli hosting sehingga muncullah penyedia nakal yang menawarkan harga yang sangat rendah untuk ukuran WordPress hosting. Sebab itu kita harus mewaspadai apa itu untuk usahanya serta kualitasnya. Andai saja Anda diberi WordPress hosting tetapi kualitasnya buruk. Sebab itu pintar-pintarlah dalam membeli, supaya Anda tidak merasa telah mengeluarkan uang.



  • Mantapkan WordPress Anda berjalan secara optimal





Masih mengenai minimal spesifikasi hosting yang mampu digunakan untuk WorPress, Anda haruslah memastikan WordPress bekerja dengan sempurna tanpa dihalangi masalah. Syarat minimal saat memakai WordPress yaitu PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, yang mana Anda harus memeriksa apakah telah memenuhi segala persyaratan tersebut agar web Anda mampu berjalan dengan maksimal.



  • Melihat kualitas dan nama baik perusahaan layanan hosting





Nama sebuah perusahaan sangat perlu sebab bisa menggambarkan kinerja perusahaan tersebut dan branding juga dapat menarik perhatian banyak orang guna menggunakan jasa penyedia layanan hosting itu. Karena itu kita harus melakukan penelusuran terhadap perusahaan web hosting supaya tidak ditipu.

Karena itu andaikan saja jika Anda menggunakan jasa web hosting yang tidak kredible, tentu saja kebutuhan Anda tidak bisa dipenuhi dengan maksimal serta membuat pekerjaan Anda telantar. Terdapat berbagai cara untuk mencari tahu tentang penyedia web hosting paling bagus, seperti menggunakan internet untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya serta kita bisa melihat review orang lain yang membeli jasa pada penyedia layanan tersebut. Ini dilakukan untuk melihat seberapa profesionalnya juga apakah perusahaan hosting itu bisa bekerja secara jujur dalam {bermitra|bekerja sama|melayani klien|menjadi mitra.



  • Cari tahu fitur tambahan





Tidak seluruh orang yang mempunyai dana yang bejibun untuk hosting WordPress, terdapat sejumlah kelompok orang yang sangat memerlukan hosting akan tetapi dana yang dimiliki sedikit. Karena itu beberapa penyedia layanan web hosting memberi bonus tambahan serta program yang GRATIS untuk menarik pembeli yang punya budget yang terbatas.

Fitur seperti ini tentu sangat menguntungkan baik dari perusahaan maupun konsumen dari web hosting. Dimana perusahaan akan mendapatkan income dan pengguna web hosting bisa menggunakan layanan tersebut meski dananya terbatas. Biasanya penyedia akan menawarkan ekstra hosting unlimited, free domain, serta beberapa lainnya. Hal ini tentu menambahkan nilai pada layanan yang telah Anda ambil dan pakai.

Semoga artikel tentang ‘Bagaimana Rekomendasi Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress’ berguna untuk Anda sebelum membuat blog.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Rekomendasi Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress"

Post a Comment