Tips dan Rekomendasi Memilih Jasa Hosting Terbaik untuk WordPress

Tips dan Rekomendasi Memilih Jasa Hosting Terbaik untuk WordPress - Saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa hosting yang memberikan WordPress hosting termurah. Akan tetapi bagaimana tips memilih yang terbagus?

Saat ini banyak perusahaan pemberi jasa hosting menawarkan WordPress hosting untuk Anda yang mempunyai situs WordPress di Tanah Air. Tak lain disebabkan pengguna WordPress selalu mengalami kenaikan yang cepat sehingga membutuhkan hosting khusus yang efisien dan patut untuk para blogger WordPress itu.

Ini terbukti dengan menjamurnya blogger salah satunya travel atau fashion blogger. Yang mana mereka mencurahkan bakat dan informasi lewat web mereka, jadi tidak heran bila melalui langkah ini banyak blogger yang mendapatkan uang tidak hanya lewat sosial media (sosmed).

Pada umumnya perusahaan penyedia hosting menyodorkan banyak fitur. Antara lain auto install, backup otomatis, atau security.

Cari Tahu Dulu Awal Mula WordPress



Tips dan Rekomendasi Memilih Jasa Hosting Terbaik untuk WordPress



Sebelum menyampaikan tentang Tips dan Rekomendasi Memilih Jasa Hosting Terbaik untuk WordPress, tidak ada salahnya Anda kenal seperti apa WordPress. WordPress adalah semacam software yang dipakai dalam membuat website, entah itu yang berbentuk personal maupun halaman news atau toko online pun juga menggunakan WordPress.

Saat tahun 2003 lalu, Matt Mullenweg yang merupakan kreator WordPress, menemukannya dikarenakan tekanan kebutuhan tentang sebuah tools untuk publishing online. Saat itu terdapat software yang disebut b2, yang hampir sama dengan WordPress namun developnya telah dihentikan.

Disitulah Matt mengamati kesempatan sehingga bersama beberapa koleganya melakukan forking b2 hingga terciptalah WordPress. Sampai sekarang WordPress terus berkembang dengan cepat dengan berada dibawah naungan Automattic.Inc.

Tipe-Tipe Hosting



WordPress hosting merupakan suatu penyedia hosting yang diterapkan secara khusus untuk pemakai CMS WordPress yang dapat membantu pemilik blog bisa fokus dengan konten blog tanpa repot lagi menangani masalah yang timbul karena kesalahan teknis, seperti kecepatan website, security, dan problem terbatasnya resource limit.

Hosting dibuat demikian agar bisa meningkatkan performa sebuah website WordPress, mulai dari sisi teknologi yang dipakai maupun dukungan server yang dibentuk dalam keperluan blog WordPress.

Umumnya WordPress hosting bukan seperti suatu jenis hosting, namun lebih sebagai kepada jenis hosting yang mana yang memadai dalam pemakaian WordPress. Di bawah ini ada beberapa jenis hosting yang dapat digunakan sebagai blog yang menggunakan WordPress:



  • Shared hosting





Jenis hosting ini merupakan yang paling banyak dipakai, sehingga harga jasa hosting ini jauh lebih terjangkau dibandingkan hosting lain. Cara kerja shared hosting yaitu perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting mengalokasikan server yang telah terinstall beberapa aplikasi server mulai dari web, database, PHP, DNS, hingga mail termasuk control panel hosting.

Setelah itu customer akan diberikan akun sebagai control panel, dimana setelah melakukan login konsumen bisa mengupload dan menjalankan webnya. Sangat sederhana bukan cara kerjanya, ditambah harganya yang terjangkau tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun. Penyedia pemberi shared hosting yang ciamik biasanya melakukan membatasi penggunaan sumber daya dari 1 akun agar tidak menghabiskan seluruh sumber daya yang dapat membuat website akun lain dapat menjadi lambat.



  • Cloud hosting





Cloud hosting ialah suatu konsep hosting baru, yang cara kerjanya akan membentuk server yang tercabang atau saling terhubung antara satu dengan lainnya dengan tujuan memaksimalkan sumber daya guna menjaga suatu website agar tetap on fire.

Hal ini sangat disarankan karena bukan hanya mengandalkan satu server saja, akan tetapi beberapa server yang saling terhubung (bekerja sama). Sebagai contoh terdapat penyedia layanan hosting berbasis cloud memiliki 5 server yang saling terhubung maka jikalau situs Anda tidak bisa diakses dalam 1 server, maka akan dialihkan ke server yang lainnya sehingga memudahkan pengunjung agar tetap dapat mengakses situs Anda.



  • VPS Hosting





Semi dedicated hosting muncul karena adanya sistem operasi CloudLinux, sejak saat itulah perusahaan mengawali menawarkan hosting macam ini. Dengan adanya CloudLinux, perusahaan bisa memberikan pelayanan dengan sumber daya yang menjamin dan memuaskan untuk customernya.

Dimana tiap-tiap akun dapat memakai sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Harga hosting jenis ini sebanding dengan managed VPS yang mana bisa menggunakan sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Tetapi dalam loading website, tetap managed VPS yang masih unggul.



  • Dedicated server





Kalau Anda menggunakan hosting semacam ini maka akan dikasih 1 server yang penuh untuk Anda gunakan sendiri, sumber daya yang Anda sewa dapat Anda gunakan sampai puas. Tetapi ada dedicated server yang bersifat unmanaged juga managed, dimana yang unmanaged Anda harus lakukan setting sendiri serta managed terkait setting sudah dilakukan oleh penyedia layanan hosting.

Perbedaan WordPress Hosting dengan Jenis Hosting Lain



Banyak yang menanyakan beda antara WordPress hosting dengan hosting lain. Pengartiannya yaitu nyaris semua tipe hosting bisa dipakai untuk WordPress.

Tetapi letak perbedaannya ada pada hosting mana yang support dengan pemakaian WordPress. Maksud support dengan penggunaan WordPress bukan hanya dengan support instalasi WordPress secara instan, tapi juga support pada minimal spesifikasi untuk penggunaan WordPress, umumnya ada pada versi PHP juga MySQL.

Selain mendukung pada spesifikasi WordPress juga memerlukan kualitas hosting yang baik karena pemakaian WordPress memiliki volume load yang besar. Seringkali melihat sebuah blog yang menggunakan WordPress terlalu lambat untuk dilihat juga kadang-kadang tidak dapat diakses disebabkan overload database.

Lebih mudahnya, sebuah situs yang memakai WordPress bisa dikatakan tidak enteng dalam melakukan load dan menampilkan halaman.

Oleh sebab itu blog yang menggunakan WordPress lebih baik memilih hosting yang miliki kualitas terbagus atau sering dikatakan dengan hosting WordPress paling bagus. Akan tetapi bukan hanya kualitas server yang harus dilihat seksama, tetapi harus memperhatikan support serta fitur lainnya yang akan didapat.

Tips dan Rekomendasi Memilih Jasa Hosting Terbaik untuk WordPress



Bagi kita yang khatam tentang website, hampir pasti telah paham WordPress. Akan tetapi sampai saat ini tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa yang disebut WordPress, seperti apa cara kerjanya, serta juga seperti apa cara memilih hosting terbaik untuk WordPress.

WordPress ada untuk meringankan kita yang bergerak di bidang blog. Salah satu hal yang harus kita tahu, hampir semua layanan web hosting telah bisa dipakai untuk WordPress.

Walau demikian, tidak seluruhnya jadi terbaik dan paling bagus jika diterapkan. Saat memilih hosting WordPress pasti banyak hal yang Wajib kita pertimbangkan, salah satunya segi tarif yang efektif dan murah.

Kalau biaya mahal pasti bisa bikin Anda merana, belum lagi jika tidak berfungsi dengan baik. Karena itu kita harus memilih secara cermat serta tepat agar tidak rugi dan percuma. Terlebih WordPress sangat dibutuhkan untuk mereka yang aktif di website, apalagi sekarang ini sudah banyak hadirnya blogger yang memperkenalkan kemampuannya lewat tulisan.

Tips dan Rekomendasi Memilih Jasa Hosting Terbaik untuk WordPress





  • Perhatikan Harga dengan Kualitas





Tips dan Rekomendasi Memilih Jasa Hosting Terbaik untuk WordPress yang pertama ialah ada yang harus Anda pertimbangkan ketika ingin memilih paket hosting untuk WordPress, yaitu HARGA. Anda disarankan pilih biaya yang pas dengan kapasitas Anda, sebaiknya tidak sampai uang kita musnah guna membeli biaya hosting web, dan membuat kita harus mengutang bahkan menimbulkan penumpukan hutang.

Serta juga kita harus samakan web hostingnya dengan kebutuhan Anda, yang mana Anda tidak begitu butuh menggunakan WordPress yang berhosting tetapi Anda memaksakan untuk memakainnya terlebih lagi harganya yang cukup tinggi. Harga kisaran untuk hosting WordPress adalah $3 - $7 per bulannya masih tergolong dalam taraf wajar untuk harga shared Wordpress hosting.

Sementara harga VPS masih termasuk wajar apabila ada dalam range $20 - $70 per bulannya.

Penawaran harga yang sangat tinggi tentu membuat Anda enggan menggunakan WordPress hosting akibatnya muncullah penyedia nakal yang memberikan harga yang sangat rendah untuk ukuran hosting WordPress. Sebab itu Anda harus waspada apakah itu untuk usahanya dan kualitas. Mungkin saja Anda diberi WordPress hosting tetapi kualitasnya sangat buruk. Sebab itu cermatlah dalam memilih, supaya Anda tidak rugi dengan mengeluarkan uang.



  • Pastikan WordPress kita berjalan secara maksimal





Masih berhubungan dengan minimal spek hosting yang mampu digunakan untuk WorPress, Anda sebaiknya memastikan WordPress bekerja dengan sempurna tanpa dihalangi problem. Syarat minimal saat menggunakan WordPress yaitu PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, dimana kita harus melihat apakah sudah memenuhi segala persyaratan tersebut supaya web kita mampu berjalan dengan optimal.



  • Memantau kualitas dan nama baik penyedia layanan hosting





Nama sebuah penyedia sangat penting karena mampu menggambarkan performa perusahaan itu serta reputasi juga dapat menarik perhatian orang lain guna menggunakan jasa perusahaan layanan hosting tersebut. Oleh karena itu Anda wajib melakukan riset kepada perusahaan web hosting supaya tidak ditipu.

Karena itu bayangkan saja bila Anda memakai jasa web hosting yang tidak terpecaya, pasti kebutuhan Anda tidak dapat disediakan dengan baik serta membuat pekerjaan ita telantar. Ada beberapa cara untuk mencari tahu tentang penyedia web hosting paling bagus, salah satunya memanfaatkan internet untuk mencari informasi yang banyak serta kita dapat memonitor review banyak orang lain yang memakai jasa pada perusahaan itu. Ini dilakukan guna melihat seberapa profesionalnya dan apakah perusahaan web hosting itu dapat bekerja dengan jujur dalam {bermitra|bekerja sama|melayani klien|menjadi mitra.



  • Apa ada fitur yang lain





Tidak banyak orang yang mengalokasikan dana yang bejibun untuk hosting, terdapat sejumlah golongan orang yang sangat perlu hosting namun dana yang dipunya tidak besar. Sebab itu sebagian dari perusahaan web hosting menawarkan fitur ekstra dan program yang FREE untuk memikat customer yang punya dana yang terbatas.

Ppsi tentu sangat menguntungkan baik dari penyedia layanan ataupun konsumen dari hosting wordpress. Yang mana penyedia bakal punya pemasukan dan pengguna web hosting dapat memakai layanan tersebut meski dananya terbatas. Pada umumnya penyedia akan memberikan ekstra 1 domain gratis, free WordPress installer, free advertising credits, dan layanan backup gratis. Ini pasti menambahkan nilai dalam layanan yang telah kita pilih dan pakai.

Semoga artikel tentang ‘Tips dan Rekomendasi Memilih Jasa Hosting Terbaik untuk WordPress’ berguna untuk Anda sebelum buat weeb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Rekomendasi Memilih Jasa Hosting Terbaik untuk WordPress"

Post a Comment