Bagaimana Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress

Bagaimana Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress - Saat ini banyak sekali perusahaan jasa hosting yang menawarkan WordPress hosting termurah. Tetapi bagaimana cara memilih yang terbagus?

Sekarang banyak perusahaan pemberi jasa hosting menawarkan WordPress hosting untuk kita yang punya situs WordPress di Indonesia. Hal ini dikarenakan pemakai WordPress setiap harinya mengalami eskalasi yang cepat sehingga membutuhkan hosting khusus yang efisien dan memuaskan untuk para blogger WordPress itu.

Hal ini terbukti dengan melubernya penulis sebagai contoh travel atau fashion blogger. Yang mana mereka mencurahkan kemampuan dan informasi melalui halaman website mereka, so tidak kaget bila melalui langkah ini banyak penulis yang memiliki uang bukan hanya melalui sosial media.

Kebanyakan layanan penyedia hosting memberikan banyak fitur. Seperti auto install, backup otomatis, serta security.

Cari Tahu Dulu Sejarah WordPress



Bagaimana Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress



Sebelum membahas tentang Bagaimana Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress, tidak ada salahnya Kita mengenal seperti apa WordPress. WordPress yaitu seperti software yang dipakai dalam membuat web, baik yang termasuk personal maupun site berita atau online shop pun juga memakai WordPress.

Di tahun 2003 lalu, Matt Mullenweg yang merupakan kreator WordPress, menemukannya sebab desakan kebutuhan tentang sebuah software guna publishing online. Waktu itu terdapat platform yang bernama b2, yang serupa dengan WordPress namun pengembangannya telah dihentikan.

Disini Matt menilai peluang sehingga bersama beberapa koleganya melakukan forking b2 sehingga terbentuklah WordPress. Hingga saat ini WordPress terus berkembang dengan cepat dengan berada dibawah perusahaan Automattic.Inc.

Jenis-Jenis Hosting



WordPress hosting ialah suatu layanan hosting yang dibuat secara khusus untuk pengguna CMS WordPress yang bisa membantu pemilik web dapat fokus dengan konten blog tanpa repot mengurus masalah yang timbul akibat kesalahan teknis, seperti kecepatan loading, keamanan, dan problem terbatasnya resource limit.

Hosting dibuat sedemikian rupa supaya bisa perbaiki performa sebuah situs WordPress, mulai dari aspek teknologi yang digunakan hingga tampilan server yang didesain dalam keperluan website WordPress.

Umumnya WordPress hosting bukan merupakan suatu jenis hosting, tetapi lebih sebagai kepada jenis hosting mana yang support dalam pemakaian WordPress. Di bawah ini merupakan jenis hosting yang bisa digunakan untuk blog yang memakai WordPress:



  • Shared hosting





Jenis hosting ini adalah yang paling populer dipakai, jadi harga layanan hosting ini jauh lebih murah dibanding hosting lain. Cara kerja shared hosting yaitu perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting mengalokasikan server yang telah terinstall beberapa aplikasi server seperti web, database, PHP, DNS, dan mail maupun control panel hosting.

Kemudian pembeli akan diberikan akun untuk control panel, dimana setelah melakukan login customer bisa mengupload dan menjalankan situsnya. Sangat sederhana bukan cara kerjanya, terlebih harganya yang terjangkau tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun. Penyedia pemberi shared hosting yang ciamik biasanya melakukan membatasi penggunaan sumber daya dari 1 akun agar tidak menguras seluruh sumber daya yang dapat membuat website akun lain dapat menjadi loading lama.



  • Cloud hosting





Cloud hosting yaitu suatu bentuk hosting baru, yang sistem kerjanya akan membentuk server yang tercabang atau saling terhubung antara satu dengan lainnya dengan tujuan memaksimalkan sumber daya untuk menjaga suatu situs agar tetap online.

Hosting ini sangat direkomendasikan karena bukan hanya mengutamakan satu server saja, akan tetapi beberapa server yang saling terkoneksi (bekerja sama). Misalnya saja ada penyedia layanan hosting berbasis cloud memiliki 5 server yang saling bekerja sama maka jikalau situs Anda tidak bisa diakses dalam 1 server, maka akan dipindahkan ke server yang lainnya sehingga meringankan trafik agar tetap bisa menjangkau website kita.



  • VPS Hosting





Semi dedicated hosting muncul dikarenakan adanya sistem operasi CloudLinux, semenjak itulah perusahaan mengawali memberikan penawaran hosting jenis ini. Dengan adanya CloudLinux, perusahaan dapat memberikan pelayanan dengan sumber daya yang menjamin dan memuaskan untuk pelanggannya.

Yang mana masing-masing akun dapat menggunakan sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Harga hosting macam ini sejajar dengan managed VPS yang mana dapat menggunakan sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Tetapi dalam loading website, tetap managed VPS yang masih unggul.



  • Dedicated server





Kalau Anda memakai hosting semacam ini maka akan dikasih 1 server yang penuh untuk Anda pakai sendiri, sumber daya yang Anda sewa bisa Anda pakai hingga puas. Tetapi terdapat dedicated server yang bersifat unmanaged serta managed, dimana yang unmanaged Anda Wajib lakukan konfigurasi sendiri serta managed tentang konfigurasi telah ditangani oleh perusahaan layanan hosting.

Yang Membuat Beda WordPress Hosting dengan Jenis Hosting Lain



Tidak sedikit yang menanyakan beda antara WordPress hosting dan hosting lain. Pengartiannya ialah hampir semua tipe hosting dapat digunakan untuk WordPress.

Hanya letak perbedaannya terdapat di hosting manakah yang mendukung dengan pemakaian WordPress. arti dari support dengan pemakaian WordPress tidak hanya dengan support instalasi WordPress secara instan, tapi serta support pada minimal spesifikasi untuk pemakaian WordPress, biasanya terletak dalam versi PHP serta MySQL.

Selain support pada spesifikasi WordPress juga membutuhkan kualitas hosting yang bagus karena penggunaan WordPress mempunyai volume load yang tinggi. Sangat sering melihat sebuah website yang memakai WordPress sungguh lambat untuk dilihat juga kadang-kadang tidak bisa diakses sebab overload database.

Lebih mudahnya, sebuah website yang memakai WordPress bisa dikatakan tidak ringan dalam melakukan load atau menampilkan halaman.

Oleh sebab itu website yang menggunakan WordPress sebaiknya memilih hosting yang miliki kualitas terbagus atau sering dikatakan dengan hosting WordPress terbagus. Tapi bukan hanya kualitas server yang harus diperhatikan, tetapi harus melihat support serta fitur lainnya yang didapatkan.

Bagaimana Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress



Untuk Anda yang mengerti mengenai website, pasti telah mengenal WordPress. Namun pada saat ini cukup banyak orang yang belum tahu apa maksud dari WordPress, bagaimana sistemnya, dan juga bagaimana cara menentukan hosting terbaik untuk WordPress.

WordPress hadir untuk memudahkan Anda yang bergerak dalam bidang blog. Salah satu hal yang perlu Anda ketahui, hampir seluruh layanan web hosting sudah tersedia untuk WordPress.

Walaupun seperti itu, tidak seluruhnya menjadi paling baik dan paling bagus kalau digunakan. Ketika pilih WordPress hosting tentu berbagai hal yang perlu Anda pertimbangkan, salah satunya faktor biaya yang praktis dan murah.

Andai biaya besar tentu saja bisa membikin Anda tercekik, belum lagi jika tidak bermanfaat dengan sempurna. Sebab itu Anda harus memilih secara cermat juga tepat supaya tidak rugi dan percuma. Apalagi WordPress sangat dibutuhkan untuk mereka yang aktif di blog, apalagi sekarang ini telah banyak munculnya blogger yang memperkenalkan kepintarannya melalui tulisan.

Bagaimana Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress





  • Perhatikan Harga dan Kualitas





Bagaimana Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress yang pertama ialah ada yang harus kita pertimbangkan jika ingin memilih paket hosting untuk WordPress, yaitu harganya. Anda haruslah pilih biaya yang cocok dengan kapasitas Anda, jangan sampai uang Anda musnah guna membayar biaya web hosting, dan membuat kita harus mengutang sehingga timbulkan penambahan hutang.

Serta juga kita harus samakan web hostingnya dengan kebutuhan kita, yang mana kita tidak begitu membutuhkan menggunakan WordPress yang berhosting akan tetapi Anda memaksakan untuk menggunakannya apalagi harganya yang tidak sedikit. Harga rata-rata untuk hosting antara $3 - $7 per bulan masih termasuk dalam taraf pada umumnya untuk harga hosting.

Dan harga hosting VPS masih termasuk wajar bila berada dalam range $20 - $70 setiap bulan.

Biaya harga yang besar tentu membuat Anda malas memakai WordPress hosting akibatnya ada pedagang nakal yang memberikan harga yang rendah untuk ukuran WordPress hosting. Oleh sebab itu Anda haruslah mewaspadai apakah itu untuk usahanya juga kualitas. Mungkin saja kita diberikan WordPress hosting tetapi kualitasnya jelek. Oleh sebab itu pintar-pintarlah dalam membeli, agar Anda tidak rugi setelah mengeluarkan uang.



  • Pastikan WordPress Anda work secara optimal





Masih berhubungan dengan minimal spesifikasi hosting yang dapat dipakai untuk WorPress, kita sebaiknya memastikan WordPress berjalan dengan maksimal tanpa dihalangi problem. Syarat minimal saat menggunakan WordPress ialah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, dimana kita Wajib memeriksa apakah telah memenuhi segala persyaratan tersebut supaya situs kita dapat bekerja dengan maksimal.



  • Riset kualitas dan reputasi perusahaan layanan hosting





Nama baik sebuah penyedia sangat perlu karena mampu mencerminkan kinerja perusahaan tersebut serta nama baik juga dapat menarik perhatian banyak orang untuk memakai jasa penyedia layanan hosting tersebut. Oleh karena itu Anda harus melakukan penelusuran terhadap perusahaan web hosting agar tidak dirugikan.

Jadi andaikan saja jika Anda memakai jasa web hosting yang tidak terpecaya, tentu saja kebutuhan Anda tidak dapat disediakan dengan baik jadi membuat pekerjaan ita telantar. Terdapat berbagai cara untuk riset mengenai perusahaan web hosting paling baik, salah satunya menggunakan internet dengan mencari informasi yang banyak atau Anda bisa memonitor review orang lain yang menggunakan jasa pada penyedia layanan tersebut. Ini dilakukan guna melihat seberapa profesionalnya serta apakah perusahaan hosting tersebut dapat bekerja secara jujur saat {bermitra|bekerja sama|melayani klien|menjadi mitra.



  • Maksimalkan fitur yang lain





Tidak banyak orang yang mempunyai dana yang bejibun untuk hosting WordPress, ada sejumlah kelompok orang yang sangat membutuhkan hosting akan tetapi dana yang dimiliki terbatas. Sebab itu sejumlah penyedia layanan web hosting menawarkan bonus tambahan serta program yang GRATIS untuk menarik pembeli yang punya budget yang terbatas.

Ppsi tentu sangat menarik baik dari perusahaan ataupun customer dari hosting wordpress. Dimana perusahaan bakal punya pemasukan dan pengguna web hosting mampu menggunakan layanan tersebut meski dananya tidak besar. Umumnya penyedia akan menawarkan tambahan 1 domain gratis, free WordPress installer, free advertising credits, dan layanan backup gratis. Fitur ini tentu menambahkan nilai pada layanan yang telah kita pilih dan gunakan.

Semoga artikel tentang ‘Bagaimana Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress’ memiliki manfaat untuk kita sebelum membikin situs.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress"

Post a Comment