Bagaimana Cara Memilih Penyedia Hosting Termurah untuk WordPress

Bagaimana Cara Memilih Penyedia Hosting Termurah untuk WordPress - Pada sekarang ini banyak sekali penyedia jasa hosting yang memberikan WordPress hosting termurah. Tetapi bagaimana trik memilih yang terbaik?

Sekarang ini banyak perusahaan layanan jasa hosting menawarkan WordPress hosting untuk Anda yang punya situs WordPress di Nusantara. Hal ini dikarenakan pemakai WordPress selalu mengalami kenaikan yang pesat sehingga sangat dibutuhkan hosting khusus yang efektif dan akseptabel untuk blogger WordPress itu sendiri.

Kondisi ini membuktikan dengan melubernya penulis salah satunya travel atau fashion blogger. Yang mana mereka mencurahkan talenta dan berita via blog mereka, sehingga tidak kaget bila lewat langkah ini banyak blogger yang memiliki uang bukan hanya melalui sosial media.

Sudah banyak layanan penyedia hosting memberi penawaran berbagai fasilitas. Sebut saja auto install, backup otomatis, atau security.

Simak Dulu Sejarah WordPress



Bagaimana Cara Memilih Penyedia Hosting Termurah untuk WordPress



Sebelum membahas tentang Bagaimana Cara Memilih Penyedia Hosting Termurah untuk WordPress, baiknya Anda mengenal seperti apa WordPress. WordPress adalah semacam tools yang dipakai dalam membuat halaman website, entah yang termasuk pribadi ataupun halaman news atau toko online sekalipun juga memakai WordPress.

Saat tahun 2003 lalu, Matt Mullenweg yang merupakan pendiri WordPress, menemukannya sebab tekanan kebutuhan tentang sebuah software untuk publishing online. Ketika itu ada software yang dinamai b2, yang hampir sama dengan WordPress tetapi developnya telah distop.

Dari sinilah Matt melihat kesempatan sehingga bersama beberapa koleganya melakukan forking b2 sehingga terciptalah WordPress. Hingga saat ini WordPress terus meningkat dengan cepat dengan berada dibawah perusahaan Automattic.Inc.

Berbagai Jenis Hosting



WordPress hosting ialah suatu layanan hosting yang dibuat secara khusus untuk pengguna CMS WordPress yang mampu membantu pemilik web bisa fokus dengan isi blognya tanpa repot menangani masalah yang timbul karena kesalahan teknis, seperti kecepatan website, security, hingga masalah terbatasnya resource limit.

Hosting dibuat seperti itu supaya dapat mendukung performa sebuah blog WordPress, entah dari bagian teknologi yang digunakan atau arsitektur server yang didesain sebagai keperluan blog WordPress.

Kebanyakan WordPress hosting bukan merupakan suatu jenis hosting, akan tetapi sebagai kepada jenis hosting yang mana yang memadai dalam pemakaian WordPress. Di bawah ini adalah jenis hosting yang dapat digunakan untuk blog yang memakai WordPress:



  • Shared hosting





Tipe hosting ini yaitu yang cukup populer dipakai, sehingga harga layanan hosting ini sangat lebih murah dibanding hosting yang lain. Proses kerja shared hosting ialah perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting mengalokasikan server yang telah terinstall beberapa aplikasi server mulai dari web, database, PHP, DNS, dan mail maupun control panel hosting.

Kemudian customer akan diberi akun untuk control panel, yang mana setelah melakukan login customer bisa menginstal dan menjalankan websitenya. Sangat simpel bukan cara kerjanya, apalagi harganya yang cukup murah tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun. Perusahaan pemberi shared hosting yang istimewa biasanya melakukan membatasi penggunaan sumber daya dari 1 akun agar tidak memboroskan seluruh sumber daya yang dapat membuat website akun lain dapat menjadi loading lama.



  • Cloud hosting





Cloud hosting yaitu suatu bentuk hosting baru, yang proses kerjanya akan membentuk server yang tercabang atau saling terhubung antara satu dengan lainnya dengan tujuan mengoptimalkan sumber daya guna menjaga suatu blog agar tetap online.

Hosting ini sangat disarankan karena bukan hanya mengutamakan satu server saja, tetapi beberapa server yang saling terhubung (bekerja sama). Contohnya terdapat penyedia layanan hosting berbasis cloud memiliki 5 server yang saling terhubung maka kalau situs Anda tidak bisa diakses dalam 1 server, maka akan dialihkan ke server yang lain sehingga memudahkan trafik agar tetap bisa mengakses website kita.



  • VPS Hosting





Semi dedicated hosting timbul karena bermunculannya sistem operasi CloudLinux, semenjak itulah perusahaan mengawali memberikan penawaran hosting tipe ini. Dengan adanya CloudLinux, penyedia layanan dapat memberikan pelayanan dengan sumber daya yang aman dan memuaskan untuk pembelinya.

Dimana masing-masing akun bisa memakai sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Price hosting macam ini setara dengan managed VPS dimana dapat menggunakan sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Tetapi dalam loading website, tetap managed VPS yang masih unggul.



  • Dedicated server





Jika Anda menggunakan hosting tipe ini maka akan diberikan 1 server yang utuh untuk Anda pakai sendiri, sumber daya yang Anda sewa dapat Anda gunakan hingga puas. Akan tetapi ada dedicated server yang bersifat unmanaged dan managed, dimana yang unmanaged Anda harus melakukan konfigurasi sendiri serta managed tentang setting sudah diselesaikan oleh perusahaan layanan hosting.

Yang Membedakan WordPress Hosting serta Kategori Hosting Lain



Cukup banyak yang menyoal yang membedakan antara WordPress hosting dengan hosting lainnya. Penjelasannya yaitu nyaris banyak macam hosting bisa dipakai untuk WordPress.

Namun letak perbedaannya ada di hosting apa yang mendukung dengan penggunaan WordPress. Istilah support dengan pemakaian WordPress bukan hanya dengan support instalasi WordPress secara instan, namun juga support pada minimal spesifikasi untuk pemakaian WordPress, umumnya terletak di versi PHP dan MySQL.

Selain support pada spesifikasi WordPress juga butuh kualitas hosting yang optimal karena pemakaian WordPress memiliki kapasitas load yang cukup tinggi. Sudah sering dijumpai sebuah website yang memakai WordPress terlalu lambat untuk dilihat juga terkadang tidak bisa diakses sebab overload database.

Intinya, sebuah blog yang menggunakan WordPress bisa dikatakan tidak enteng dalam melakukan load serta menampilkan halaman.

Sebab itu blog yang menggunakan WordPress baiknya memilih hosting yang mempunyai kualitas terbagus atau sering dikatakan dengan hosting WordPress terbaik. Akan tetapi bukan hanya kualitas server yang wajib diperhatikan, melainkan juga harus memperhatikan support juga fitur lain yang didapatkan.

Bagaimana Cara Memilih Penyedia Hosting Termurah untuk WordPress



Bagi kita yang mengerti mengenai website, hampir pasti telah mengenal WordPress. Akan tetapi sampai sekarang masih banyak orang yang belum tahu apa itu WordPress, bagaimana sistemnya, serta juga bagaimana cara memilih hosting paling bagus untuk WordPress.

WordPress hadir untuk meringankan kita yang berkecimpung dalam dunia website. Salah satu hal yang wajib mereka tahu, nyaris seluruh layanan web hosting telah siap dipakai untuk WordPress.

Walau seperti itu, tidak semua jadi paling baik dan bagus kalau diterapkan. Saat pilih hosting WordPress tentu berbagai hal yang harus kita pertimbangkan, salah satunya faktor harga yang efektif dan terjangkau.

Andai biaya berat pasti dapat membikin Anda tersedak, belum lagi kalau tidak berfungsi dengan optimal. Oleh karena itu kita harus memilih secara teliti serta sempurna supaya tidak rugi dan percuma. Terlebih WordPress sangat dibutuhkan bagi Anda yang aktif di website, apalagi sekarang ini telah banyak hadirnya blogger yang memperkenalkan keahliannya lewat tulisan.

Bagaimana Cara Memilih Penyedia Hosting Termurah untuk WordPress





  • Perhatikan Harga dengan Kualitas





Bagaimana Cara Memilih Penyedia Hosting Termurah untuk WordPress yang pertama adalah ada yang harus kita timbang apabila ingin memilih paket hosting untuk WordPress, adalah harganya. Anda direkomendasikan memilih biaya yang sesuai dengan kemampuan Anda, jangan sampai uang Anda habis guna membeli biaya web hosting, dan membuat kita harus hutang sampai menimbulkan akumulasi hutang.

Serta juga kita harus samakan web hostingnya dengan kebutuhan kita, dimana Anda tidak begitu butuh menggunakan WordPress yang memiliki hosting akan tetapi Anda memaksakan untuk memakainnya terlebih lagi harganya yang cukup tinggi. Harga sebagian banyak untuk hosting WordPress adalah $3 - $7 per bulannya masih tergolong dalam taraf maklum untuk harga share hosting.

Dan harga VPS masih termasuk maklum apabila berada dalam range $20 - $70 setiap bulan.

Tawaran harga yang tinggi tentu bikin kita enggan menggunakan WordPress hosting akibatnya ada pedagang nakal yang memberi harga yang rendah untuk ukuran WordPress hosting. Oleh sebab itu kita harus mewaspadai apakah itu untuk usahanya dan kualitasnya. Mungkin saja kita diberi WordPress hosting tetapi kualitasnya sangat buruk. Oleh karena itu pintarlah dalam membeli, supaya Anda tidak rugi telah mengeluarkan uang.



  • Mantapkan WordPress Anda berjalan dengan optimal





Masih berhubungan dengan minimal spesifikasi hosting yang mampu digunakan untuk WorPress, Anda sebaiknya memastikan WordPress bekerja dengan optimal tanpa dihalangi error. Syarat minimal saat memakai WordPress ialah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, yang mana kita harus menelusuri apakah sudah memenuhi segala kriteria itu supaya blog Anda mampu bekerja dengan maksimal.



  • Memantau kualitas dan reputasi perusahaan layanan hosting





Nama baik sebuah penyedia sangat penting sebab mampu mencerminkan kinerja perusahaan tersebut serta reputasi juga bisa menarik perhatian orang lain untuk menggunakan jasa perusahaan layanan hosting tersebut. Oleh karena itu Anda wajib melakukan riset kepada penyedia web hosting agar tidak ditipu.

Jadi andaikan saja bila Anda memakai jasa web hosting yang tidak terpecaya, pasti keinginan kita tidak bisa dipenuhi dengan baik dan membuat pekerjaan ita telantar. Terdapat beberapa cara untuk mencari tahu tentang perusahaan web hosting paling baik, seperti memanfaatkan internet untuk mencari informasi yang banyak serta Anda dapat memantau review banyak orang yang membeli jasa pada penyedia layanan tersebut. Ini diperlukan untuk melihat seberapa profesionalnya dan apakah penyedia web hosting tersebut dapat bekerja dengan jujur saat {bermitra|bekerja sama|melayani klien|menjadi mitra.



  • Memanfaatkan fitur tambahan





Tidak semua orang yang mengalokasikan dana yang besar untuk WordPress hosting, terdapat beberapa kelompok orang yang sangat butuh WordPress hosting namun dana yang dimiliki terbatas. Sebab itu sebagian dari penyedia layanan web hosting memberikan fitur ekstra serta program yang gratis untuk memikat pembeli yang punya budget yang terbatas.

Ini pasti sangat menguntungkan baik dari penyedia layanan ataupun customer dari hosting wordpress. Yang mana penyedia bakal mempunyai income dan pembeli web hosting mampu memakai layanan tersebut meski dananya sedikit. Biasanya penyedia akan memberikan tambahan 1 domain gratis, free WordPress installer, free advertising credits, dan layanan backup gratis. Pilihan tentu menambahkan nilai dalam layanan yang telah Anda ambil dan pakai.

Semoga artikel tentang ‘Bagaimana Cara Memilih Penyedia Hosting Termurah untuk WordPress’ berguna untuk Anda sebelum membuat weeb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Memilih Penyedia Hosting Termurah untuk WordPress"

Post a Comment