Tips dan Cara Memilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress

Tips dan Cara Memilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress - Pada sekarang ini banyak sekali penyedia jasa hosting yang memberikan WordPress hosting murah. Tapi bagaimana tips memilih yang paling baik?

Saat ini banyak penyedia pemberi jasa hosting menawarkan WordPress hosting untuk kita yang miliki situs WordPress di Tanah Air. Ini disebabkan pemakai WordPress setiap harinya mengalami kenaikan yang drastis sehingga sangat dibutuhkan hosting khusus yang manjur dan cukup untuk blogger WordPress tersebut.

Ini dibuktikan dengan menjamurnya penulis seperti travel atau fashion blogger. Yang mana mereka mencurahkan kemampuan dan update ke web mereka, so tidak kaget jika lewat langkah ini banyak penulis yang memiliki uang tidak hanya dengan sosial media.

Sudah banyak layanan penyedia hosting menawarkan banyak fasilitas. Sebut saja auto install, backup otomatis, serta security.

Ketahui Dulu Sejarah WordPress



Tips dan Cara Memilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress



Sebelum menyampaikan tentang Tips dan Cara Memilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress, alangkah baiknya Kita mengetahui tentang WordPress. WordPress ialah semacam software yang dipakai dalam membuat blog, entah itu yang berbentuk pribadi ataupun site news hingga online shop pun juga menggunakan WordPress.

Saat tahun 2003 lalu, Matt Mullenweg yang adalah kreator WordPress, menemukannya disebabkan tekanan kebutuhan akan sebuah tools guna publishing online. Ketika itu ada platform yang disebut b2, yang hampir sama dengan WordPress namun developnya telah distop.

Disini Matt melihat peluang sehingga bersama beberapa temannya melakukan forking b2 hingga terbentuklah WordPress. Sampai sekarang WordPress terus meningkat dengan pesat dengan berada dibawah perusahaan Automattic.Inc.

Macam-Macam Hosting



WordPress hosting ialah suatu layanan hosting yang diterapkan secara khusus untuk pemakai CMS WordPress yang bisa membantu pemilik website dapat fokus pada konten web tanpa kesusahan menangani masalah yang muncul akibat kesalahan teknis, contohnya kecepatan loading, keamanan, dan problem terbatasnya resource limit.

Hosting diciptakan seperti itu supaya dapat perbaiki performa sebuah situs WordPress, mulai dari bagian teknologi yang digunakan atau arsitektur server yang didesain dalam keperluan website WordPress.

Kebanyakan WordPress hosting bukan sebagai suatu jenis hosting, akan tetapi lebih sebagai kepada jenis hosting manakah yang mendukung dalam pemakaian WordPress. Di bawah ini ada beberapa jenis hosting yang bisa dipakai sebagai blog yang menggunakan WordPress:



  • Shared hosting





Tipe hosting ini adalah yang cukup banyak dipakai, sehingga harga layanan hosting ini sangat lebih terjangkau daripada hosting yang lain. Proses kerja shared hosting ialah perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting mengalokasikan server yang telah terinstall berbagai aplikasi server antara lain web, database, PHP, DNS, atau mail termasuk control panel hosting.

Kemudian konsumen akan dikasih akun sebagai control panel, yang mana setelah melakukan login pembeli bisa mengupload dan menjalankan webnya. Sangat simpel bukan cara kerjanya, apalagi harganya yang terjangkau tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun. Penyedia pemberi shared hosting yang istimewa biasanya melakukan membatasi pemakaian sumber daya dari 1 akun agar tidak menghabiskan seluruh sumber daya yang dapat membuat website akun lain dapat menjadi loading lama.



  • Cloud hosting





Cloud hosting adalah suatu bentuk hosting baru, yang sistem kerjanya akan membentuk server yang tercabang alias saling terhubung antara satu dengan lain dengan tujuan mengoptimalkan sumber daya guna menjaga suatu website agar tetap on fire.

Jenis hosting ini sangat direkomendasikan karena bukan hanya mengandalkan satu server saja, melainkan beberapa server yang saling terhubung (bekerja sama). Sebagai contoh terdapat penyedia layanan hosting berbasis cloud mempunyai 5 server yang saling bekerja sama maka jikalau situs Anda down pada 1 server, maka akan dialihkan ke server yang lain sehingga memudahkan trafik agar tetap dapat mengunjungi situs Anda.



  • VPS Hosting





Semi dedicated hosting timbul karena adanya sistem operasi CloudLinux, semenjak itulah perusahaan mulai memberikan penawaran hosting macam ini. Dengan munculnya CloudLinux, penyedia layanan dapat memberikan pelayanan dengan sumber daya yang terjamin dan memuaskan untuk customernya.

Dimana setiap akun dapat memakai sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Daftar harga hosting tipe ini sejajar dengan managed VPS dimana bisa memakai sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Tetapi dalam loading website, tetap managed VPS yang masih unggul.



  • Dedicated server





Kalau Anda menggunakan hosting tipe ini maka akan diberikan 1 server yang utuh untuk Anda pakai sendiri, sumber daya yang Anda sewa dapat Anda pakai sampai puas. Akan tetapi terdapat dedicated server yang bersifat unmanaged serta managed, dimana yang unmanaged Anda Wajib lakukan konfigurasi sendiri serta managed mengenai konfigurasi sudah diselesaikan oleh perusahaan layanan hosting.

Perbedaan WordPress Hosting dan Kategori Hosting Lain



Bukan sedikit lagi yang menyoal beda antara WordPress hosting dan hosting yang lain. Pengartiannya yakni nyaris kesemua tipe hosting dapat digunakan untuk WordPress.

Tetapi letak perbedaannya terdapat di hosting mana yang support dengan pemakaian WordPress. Maksud support dengan pemakaian WordPress tidak hanya sebatas support instalasi WordPress secara instan, tapi serta support pada minimal spesifikasi untuk pemakaian WordPress, kebanyakan ada di versi PHP juga MySQL.

Selain support pada spesifikasi WordPress juga membutuhkan kualitas hosting yang bagus karena penggunaan WordPress mempunyai kapasitas load yang cukup besar. Sudah sering melihat sebuah situs yang memakai WordPress sangat lama untuk dikunjungi juga kadang-kadang tidak bisa diakses disebabkan overload database.

Intinya, sebuah website yang menggunakan WordPress bisa dikatakan tidak enteng dalam melakukan load atau menampilkan halaman.

Oleh karena itu website yang menggunakan WordPress baiknya memilih hosting yang mempunyai kualitas terbagus atau sering dikatakan dengan hosting WordPress terbaik. Tapi bukan hanya kualitas server yang harus diseleksi, tetapi harus memperhatikan support juga fitur lainnya yang akan didapat.

Tips dan Cara Memilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress



Untuk kita yang mengerti mengenai website, tentu telah paham WordPress. Akan tetapi sampai sekarang cukup banyak orang yang belum tahu apa itu WordPress, seperti apa sistemnya, serta juga seperti apa cara menentukan hosting paling baik untuk WordPress.

WordPress hadir untuk mempermudah mereka yang berkarya di bidang blog. Salah satu aspek yang harus Anda tahu, nyaris semua layanan web hosting sudah tersedia untuk WordPress.

Walaupun seperti itu, tidak semua menjadi paling baik dan paling bagus kalau digunakan. Ketika memilih WordPress hosting tentunya beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, salah satunya sisi harga yang efektif dan terjangkau.

Andai biaya ekspensif pasti dapat membikin Anda tersedak, belum lagi apabila tidak berfungsi dengan sempurna. Oleh sebab itu kita wajib memilih secara cermat juga cerdas agar tidak rugi dan percuma. Terlebih WordPress sangat diperlukan untuk mereka yang aktif di blog, apalagi sekarang sudah banyak hadirnya blogger yang memperkenalkan kepintarannya melalui tulisan.

Tips dan Cara Memilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress





  • Perhatikan Harga dan Kualitas





Tips dan Cara Memilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress yang pertama adalah ada yang harus Anda timbang apabila ingin memilih paket hosting untuk WordPress, yaitu HARGA. Anda sebaiknya pilih biaya yang pas dengan kemampuan Anda, sebaiknya tidak sampai budget kita habis untuk membeli biaya web hosting, dan membuat Anda harus mengutang bahkan timbulkan penumpukan hutang.

Selain itu juga Anda harus samakan web hostingnya dengan keinginan Anda, yang mana kita tidak begitu butuh menggunakan WordPress yang memiliki hosting akan tetapi Anda memaksakan untuk menggunakannya apa lagi harganya yang cukup tinggi. Harga sebagian banyak untuk hosting WordPress antara $3 - $7 per bulannya masih termasuk dalam taraf wajar untuk harga share hosting.

Sementara harga VPS hosting masih termasuk maklum jika berada pada kisaran $20 - $70 per bulan.

Tawaran harga yang tinggi pasti bikin kita malas memakai hosting akibatnya ada pedagang nakal yang memberi harga yang terlalu rendah untuk ukuran hosting WordPress. Oleh sebab itu kita harus waspada apakah itu untuk usaha dan kualitas. Mungkin saja kita diberikan WordPress hosting tetapi kualitasnya rendah. Oleh sebab itu cermatlah dalam membeli, supaya Anda tidak merasa setelah mengeluarkan uang.



  • Mantapkan WordPress kita berjalan dengan optimal





Masih mengenai minimal spesifikasi hosting yang bisa digunakan untuk WorPress, Anda haruslah memastikan WordPress bekerja dengan optimal tanpa dihalangi masalah. Syarat minimal dalam memakai WordPress adalah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, yang mana kita Wajib memeriksa apa telah memenuhi segala persyaratan itu supaya website Anda mampu berjalan dengan optimal.



  • Melihat kualitas dan reputasi perusahaan layanan hosting





Reputasi sebuah perusahaan sangat perlu karena mampu menggambarkan performa perusahaan tersebut serta nama juga bisa menarik perhatian banyak orang untuk menggunakan jasa penyedia layanan hosting itu. Oleh karena itu kita wajib melakukan penelusuran terhadap perusahaan web hosting agar tidak dirugikan.

Karena itu andaikan saja bila Anda menggunakan jasa web hosting yang tidak akuntable, tentu saja keinginan Anda tidak mampu dipenuhi dengan baik sehingga membuat pekerjaan ita terbengkalai. Ada banyak cara untuk riset tentang perusahaan web hosting paling bagus, salah satunya memanfaatkan internet dengan mencari informasi detail serta Anda bisa memantau review banyak orang lain yang membeli jasa pada perusahaan itu. Ini diperlukan guna melihat seberapa profesionalnya dan apakah perusahaan hosting itu mampu bekerja dengan jujur saat {bermitra|bekerja sama|melayani klien|menjadi mitra.



  • Cari tahu layanan ekstra





Tidak semua orang yang mengalokasikan dana yang besar untuk hosting, ada sejumlah kelompok orang yang sangat memerlukan WordPress hosting namun budget yang dipunya tidak besar. Sebab itu sejumlah perusahaan web hosting memberikan bonus tambahan dan program yang gratis untuk menarik customer yang punya dana yang terbatas.

Ini tentu sangat menarik baik dari penyedia layanan maupun konsumen dari hosting wordpress. Dimana perusahaan akan punya pemasukan dan pengguna web hosting dapat menggunakan layanan tersebut meski dananya sedikit. Biasanya perusahaan akan memberikan tambahan 1 domain gratis, free WordPress installer, free advertising credits, dan layanan backup gratis. Fitur ini pasti menambahkan nilai pada layanan yang telah Anda pilih dan pakai.

Semoga artikel tentang ‘Tips dan Cara Memilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress’ memiliki manfaat untuk kita sebelum membikin situs.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Cara Memilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress"

Post a Comment