Tips dan Cara Memilih Hosting Terbaik untuk WordPress

Tips dan Cara Memilih Hosting Terbaik untuk WordPress - Pada saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa hosting yang memberi penawaran WordPress hosting murah. Tapi bagaimana trik memilih yang paling bagus?

Sekarang banyak penyedia layanan jasa hosting menawarkan WordPress hosting untuk kita yang memiliki situs WordPress di Tanah Air. Tak lain disebabkan pengguna WordPress selalu mengalami eskalasi yang cepat sehingga sangat dibutuhkan hosting khusus yang ampuh dan cukup untuk para blogger WordPress itu sendiri.

Kondisi ini membuktikan dengan semakin banyaknya blogger-blogger salah satunya travel atau fashion blogger. Dimana mereka mencurahkan talenta dan info di halaman website mereka, so tidak heran apabila lewat jalur ini banyak blogger yang menghasilkan uang tidak hanya lewat sosmed.

Kebanyakan perusahaan penyedia hosting menyodorkan berbagai fitur. Antara lain auto install, backup otomatis, atau security.

Ketahui Dulu Sejarah WordPress



Tips dan Cara Memilih Hosting Terbaik untuk WordPress



Sebelum membahas tentang Tips dan Cara Memilih Hosting Terbaik untuk WordPress, baiknya Anda tahu apakah WordPress. WordPress merupakan sejenis tools yang digunakan dalam membuat blog, entah yang berbentuk personal dan halaman news atau toko online pun juga memakai WordPress.

Di tahun 2003 silam, Matt Mullenweg yang jadi kreator WordPress, menemukannya disebabkan desakan kebutuhan akan sebuah tools guna publishing online. Pada saat itu ada platform yang bernama b2, yang hampir sama dengan WordPress tetapi developnya telah dihentikan.

Disini Matt melihat kesempatan sehingga bersama beberapa temannya melakukan forking b2 sehingga terciptalah WordPress. Hingga saat ini WordPress terus meningkat dengan cepat dengan berada dibawah naungan Automattic.Inc.

Beberapa Jenis Hosting



WordPress hosting merupakan suatu layanan hosting yang diterapkan secara khusus untuk pengguna CMS WordPress yang bisa membantu pemilik web dapat fokus dengan isi blognya tanpa harus bersusah payah menangani masalah yang muncul karena kesalahan teknis, contohnya kecepatan loading, security, atau masalah terbatasnya resource limit.

Hosting diciptakan seperti itu agar dapat tingkatkan tampilan sebuah blog WordPress, baik dari segi teknologi yang dipakai atau tampilan server yang didesain dalam keperluan situs WordPress.

Umumnya WordPress hosting bukan seperti suatu jenis hosting, akan tetapi lebih kepada jenis hosting manakah yang support dalam pemakaian WordPress. Berikut merupakan jenis hosting yang dapat dipakai sebagai situs yang menggunakan WordPress:



  • Shared hosting





Tipe hosting ini adalah yang cukup populer digunakan, jadi harga layanan hosting ini sangat lebih terjangkau daripada hosting yang lain. Proses kerja shared hosting yaitu perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting mengalokasikan server yang telah terinstall berbagai aplikasi server antara lain web, database, PHP, DNS, dan mail juga control panel hosting.

Kemudian customer akan diberikan akun sebagai control panel, dimana setelah melakukan login konsumen bisa mengupload dan menjalankan webnya. Sangat sederhana bukan cara kerjanya, ditambah harganya yang terjangkau tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun. Perusahaan pemberi shared hosting yang baik biasanya melakukan limited penggunaan sumber daya dari 1 akun agar tidak menguras seluruh sumber daya yang bisa membuat website akun lain dapat menjadi lambat.



  • Cloud hosting





Cloud hosting ialah suatu bentuk hosting baru, yang proses kerjanya akan membentuk server yang tercabang atau saling terkoneksi antara satu dengan lainnya bertujuan mengoptimalkan sumber daya guna menjaga suatu situs agar tetap online.

Hosting ini sangat direkomendasikan karena tidak hanya mengandalkan satu server saja, tetapi beberapa server yang saling terhubung (bekerja sama). Contohnya ada penyedia layanan hosting berbasis cloud memiliki 5 server yang saling bekerja sama maka jika situs Anda tidak bisa diakses pada 1 server, maka akan dialihkan ke server yang lain sehingga meringankan trafik agar tetap bisa melihat blog kita.



  • VPS Hosting





Semi dedicated hosting timbul karena bermunculannya sistem operasi CloudLinux, sejak saat itulah perusahaan mengawali memberikan penawaran hosting macam ini. Dengan munculnya CloudLinux, penyedia layanan dapat memberikan pelayanan dengan sumber daya yang aman dan memuaskan untuk pembelinya.

Dimana setiap akun dapat memakai sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Price hosting jenis ini sejajar dengan managed VPS dimana bisa memakai sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Tetapi dalam loading website, tetap managed VPS yang masih unggul.



  • Dedicated server





Jika Anda menggunakan hosting tipe ini maka akan diberikan 1 server yang penuh untuk Anda pakai sendiri, sumber daya yang Anda sewa bisa Anda pakai sampai puas. Tetapi ada dedicated server yang bersifat unmanaged dan managed, dimana yang unmanaged Anda harus melakukan setting sendiri juga managed tentang konfigurasi (setting) telah ditangani oleh penyedia layanan hosting.

Perbedaan WordPress Hosting serta Tipe Hosting Lainnya



Tidak sedikit yang menyoal perbedaan antara WordPress hosting dan hosting lainnya. Penjelasannya yakni nyaris kesemua jenis hosting dapat digunakan untuk WordPress.

Tetapi letak perbedaannya terdapat di hosting manakah yang support dengan pemakaian WordPress. Maksud support dengan penggunaan WordPress tidak hanya terbatas support instalasi WordPress secara instan, tapi serta support pada minimal spesifikasi untuk pemakaian WordPress, umumnya terletak dalam versi PHP serta MySQL.

Selain dukungan pada spesifikasi WordPress juga membutuhkan kualitas hosting yang bagus karena pemakaian WordPress memiliki kapasitas load yang cukup besar. Sudah sering mengunjungi sebuah website yang memakai WordPress sangat lambat untuk dikunjungi juga terkadang tidak bisa diakses dikarenakan overload database.

Mudahnya, sebuah situs yang menggunakan WordPress bisa dikatakan tidak enteng dalam melakukan load atau menampilkan halaman.

Oleh karena itu website yang memakai WordPress baiknya menyeleksi hosting yang memiliki kualitas terbagus atau biasa dikatakan dengan hosting WordPress paling bagus. Akan tetapi bukan hanya kualitas server yang wajib diperhatikan, tetapi harus memperhatikan support juga fitur lain yang akan didapat.

Tips dan Cara Memilih Hosting Terbaik untuk WordPress



Bagi kita yang paham tentang web, hampir pasti telah kenal WordPress. Akan tetapi pada saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui apa yang disebut WordPress, bagaimana prosesnya, dan juga seperti apa cara pilih hosting terbagus untuk WordPress.

WordPress muncul guna mempermudah mereka yang berkarya di bidang web. Salah satu hal yang harus Anda tahu, hampir seluruh layanan web hosting sudah bisa digunakan untuk WordPress.

Walaupun seperti itu, tidak seluruhnya jadi paling baik dan paling bagus bila diterapkan. Saat pilih WordPress hosting pasti berbagai hal yang harus kita pertimbangkan, salah satunya segi tarif yang efektif dan terjangkau.

Andai biaya mahal pasti dapat bikin Anda tersedak, belum lagi kalau tidak berfungsi dengan sempurna. Oleh karena itu kita wajib memilih secara cermat juga tepat agar tidak rugi dan percuma. Terlebih WordPress sangat diperlukan untuk kita yang aktif di website, apalagi saat ini sudah banyak timbul blogger yang memperkenalkan kemampuannya lewat tulisan.

Tips dan Cara Memilih Hosting Terbaik untuk WordPress





  • Perhatikan Harga dan Kualitas





Tips dan Cara Memilih Hosting Terbaik untuk WordPress yang pertama yaitu ada yang harus kita timbang jika ingin memilih paket hosting untuk WordPress, adalah HARGA. Anda sebaiknya pilih biaya yang sesuai dengan kemampuan Anda, sebaiknya tidak sampai budget kita terkuras untuk membayar biaya web hosting, dan membuat kita harus hutang bahkan timbulkan penumpukan hutang.

Serta juga kita harus sesuaikan web hostingnya dengan kebutuhan Anda, yang mana Anda tidak begitu butuh menggunakan WordPress yang memiliki hosting namun Anda memaksakan untuk memakainnya terlebih lagi harganya yang tidak sedikit. Harga kisaran untuk hosting WordPress adalah $3 - $7 per bulan masih termasuk dalam taraf maklum untuk harga shared Wordpress hosting.

Sementara harga hosting VPS masih termasuk wajar apabila berada dalam kisaran $20 - $70 per bulannya.

Tawaran harga yang tinggi pasti membuat kita malas memakai WordPress hosting sehingga ada penyedia nakal yang menawarkan harga yang sangat rendah untuk ukuran hosting WordPress. Oleh sebab itu Anda haruslah waspada baik itu untuk usahanya juga kualitas. Bisa saja Anda diberi WordPress hosting tetapi kualitasnya sangat buruk. Oleh sebab itu pandailah dalam memilih, supaya Anda tidak rugi setelah mengeluarkan uang.



  • Mantapkan WordPress kita berjalan dengan maksimal





Masih terkait minimal spek hosting yang bisa digunakan untuk WorPress, kita sebaiknya memastikan WordPress berjalan dengan optimal tanpa dihalangi error. Syarat minimal dalam menggunakan WordPress ialah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, yang mana Anda Wajib menelusuri apa sudah memenuhi segala kriteria tersebut supaya situs kita mampu berjalan dengan optimal.



  • Riset kualitas dan reputasi perusahaan layanan hosting





Nama sebuah penyedia sangat penting karena bisa menggambarkan kinerja penyedia itu dan branding juga bisa menarik perhatian orang lain guna menggunakan jasa penyedia layanan hosting tersebut. Sebab itu Anda harus melakukan riset kepada penyedia web hosting supaya tidak ditipu.

Jadi andaikan saja bila Anda memakai jasa web hosting yang tidak terpecaya, tentu saja keinginan Anda tidak bisa disediakan dengan baik serta membuat pekerjaan Anda mandek. Terdapat berbagai cara untuk riset mengenai penyedia web hosting paling baik, seperti memakai internet untuk mencari informasi yang banyak serta Anda dapat memantau review banyak orang lain yang membeli jasa pada perusahaan itu. Ini diperlukan guna memantau seberapa profesionalnya serta apakah penyedia hosting tersebut dapat bekerja secara jujur dalam {bermitra|bekerja sama|melayani klien|menjadi mitra.



  • Maksimalkan fitur ekstra





Tidak semua orang yang mengalokasikan dana yang bejibun untuk hosting WordPress, terdapat sejumlah golongan orang yang sangat butuh hosting akan tetapi budget yang dimiliki terbatas. Karena itu beberapa perusahaan web hosting memberi fitur ekstra serta program yang GRATIS untuk menarik customer yang memiliki budget yang terbatas.

Fitur seperti ini pasti sangat menguntungkan baik dari penyedia layanan ataupun klien dari web hosting. Yang mana perusahaan bakal punya pemasukan dan pengguna web hosting mampu menggunakan layanan tersebut walaupun dananya sedikit. Pada umumnya penyedia akan memberikan tambahan domain gratis, free installer, dan lainnya. Fitur ini tentu menambahkan nilai pada layanan yang telah Anda ambil dan gunakan.

Semoga artikel tentang ‘Tips dan Cara Memilih Hosting Terbaik untuk WordPress’ bermanfaat untuk Anda sebelum membuat website.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Cara Memilih Hosting Terbaik untuk WordPress"

Post a Comment