Bagaimana Cara Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress

Bagaimana Cara Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress - Pada saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa hosting yang memberikan WordPress hosting murah. Akan tetapi bagaimana tips memilih yang terbaik?

Sekarang banyak perusahaan pemberi jasa hosting menawarkan WordPress hosting untuk mereka yang mempunyai situs WordPress di Indonesia. Ini disebabkan pemakai WordPress selalu mengalami peningkatan yang cepat sehingga sangat dibutuhkan hosting khusus yang ampuh dan memadai untuk penulis WordPress itu sendiri.

Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya blogger seperti travel atau fashion blogger. Dimana mereka mencurahkan kemampuan dan berita di web mereka, jadi tidak heran apabila melalui jalur ini banyak orang yang mendapatkan uang bukan hanya dengan sosial media (sosmed).

Sudah banyak layanan penyedia hosting memberikan berbagai fasilitas. Sebut saja auto install, backup otomatis, serta security.

Simak Dulu Awal Mula WordPress



Bagaimana Cara Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress



Sebelum membahas tentang Bagaimana Cara Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress, tidak ada salahnya Anda mengenal apa itu WordPress. WordPress adalah seperti software yang dipakai dalam membuat web, baik itu yang berbentuk pribadi maupun situs berita hingga online shop sekalipun juga menggunakan WordPress.

Di tahun 2003 silam, Matt Mullenweg yang merupakan penemu WordPress, menemukannya karena tekanan kebutuhan tentang sebuah platform guna publishing online. Ketika itu terdapat software yang bernama b2, yang serupa dengan WordPress tetapi developnya telah distop.

Disitulah Matt melihat peluang sehingga bersama beberapa temannya melakukan forking b2 hingga terciptalah WordPress. Hingga sekarang WordPress terus membesar dengan cepat dengan berada dibawah perusahaan Automattic.Inc.

Berbagai Tipe Hosting



Hosting WordPress adalah suatu layanan hosting yang diterapkan secara khusus untuk pemakai CMS WordPress yang dapat membantu pemilik website dapat fokus pada isi web tanpa repot lagi mengurus problem yang muncul akibat kesalahan teknis, contohnya kecepatan loading, security, dan problem terbatasnya resource limit.

Hosting dibuat seperti ini agar bisa memperbaiki performa sebuah blog WordPress, baik dari bagian teknologi yang digunakan maupun arsitektur server yang diciptakan sebagai keperluan site WordPress.

Umumnya WordPress hosting bukan merupakan suatu jenis hosting, melainkan sebagai kepada jenis hosting yang mana yang support dalam pemakaian WordPress. Berikut ini ada beberapa jenis hosting yang bisa digunakan untuk website yang memakai WordPress:



  • Shared hosting





Tipe hosting ini yaitu yang cukup sering dipakai, jadi harga jasa hosting ini sangat lebih terjangkau daripada hosting lainnya. Proses kerja shared hosting adalah perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting mengalokasikan server yang telah terinstall beberapa aplikasi server antara lain web, database, PHP, DNS, dan mail maupun control panel hosting.

Setelah itu konsumen akan diberi akun sebagai control panel, dimana setelah melakukan login konsumen bisa menginstal dan menjalankan websitenya. Sangat praktis bukan cara kerjanya, apalagi harganya yang murah tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun. Penyedia pemberi shared hosting yang bagus biasanya melakukan membatasi pemakaian sumber daya dari 1 akun agar tidak menguras seluruh sumber daya yang bisa membuat website akun lain dapat menjadi loading lama.



  • Cloud hosting





Cloud hosting adalah suatu bentuk hosting baru, yang proses kerjanya akan membentuk server yang tercabang atau saling terhubung antara satu dengan lainnya bertujuan mengoptimalkan sumber daya guna menjaga suatu website agar tetap cepat.

Hal ini sangat disarankan karena tidak hanya mengutamakan satu server saja, tetapi beberapa server yang saling terkoneksi (bekerja sama). Misalnya saja ada penyedia layanan hosting berbasis cloud memiliki 5 server yang saling terkoneksi maka jikalau situs Anda tidak bisa diakses pada 1 server, maka akan dipindahkan ke server yang lainnya sehingga memudahkan trafik agar tetap dapat melihat situs kita.



  • VPS Hosting





Semi dedicated hosting muncul dikarenakan adanya sistem operasi CloudLinux, sejak saat itulah perusahaan mulai menawarkan hosting macam ini. Dengan adanya CloudLinux, penyedia layanan bisa memberikan pelayanan dengan sumber daya yang terjamin dan memuaskan untuk pembelinya.

Yang mana tiap-tiap akun dapat menggunakan sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Price hosting macam ini sebanding dengan managed VPS dimana dapat menggunakan sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Akan tetapi dalam loading website, tetap managed VPS yang masih unggul.



  • Dedicated server





Jika Anda menggunakan hosting tipe ini maka akan dikasih 1 server yang penuh untuk Anda gunakan sendiri, sumber daya yang Anda sewa dapat Anda gunakan hingga puas. Akan tetapi terdapat dedicated server yang bersifat unmanaged dan managed, dimana yang unmanaged Anda harus lakukan konfigurasi sendiri juga managed tentang konfigurasi telah diselesaikan oleh penyedia layanan hosting.

Yang Membedakan WordPress Hosting dan Macam Hosting Lain



Bukan sedikit lagi yang menanyakan yang membedakan antara WordPress hosting dengan hosting lain. Penjelasannya yakni nyaris banyak macam hosting dapat digunakan untuk WordPress.

Hanya letak perbedaannya ada pada hosting apa yang dukung dengan penggunaan WordPress. Maksud support dengan penggunaan WordPress tidak hanya dengan support instalasi WordPress secara instan, akan tetapi juga support pada minimal spesifikasi untuk penggunaan WordPress, biasanya ada pada versi PHP serta MySQL.

Selain mendukung pada spesifikasi WordPress juga memerlukan kualitas hosting yang baik karena penggunaan WordPress memiliki kapasitas load yang besar. Sudah sering mengunjungi sebuah website yang menggunakan WordPress sungguh lambat untuk dilihat juga terkadang down sebab overload database.

Mudahnya, sebuah website yang menggunakan WordPress dapat dikatakan tidak ringan dalam melakukan load atau menampilkan halaman.

Oleh sebab itu blog yang menggunakan WordPress sebaiknya memilih hosting yang memiliki kualitas paling baik atau biasa disebut dengan hosting WordPress terbaik. Akan tetapi tidak hanya kualitas server yang wajib diperhatikan, tetapi juga harus memperhatikan support dan fitur lain yang akan didapat.

Bagaimana Cara Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress



Bagi Anda yang fasih mengenai website, sudah barang tentu telah kenal WordPress. Tetapi pada sekarang tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa maksud dari WordPress, seperti apa cara kerjanya, serta juga seperti apa cara menggunakan hosting terbagus untuk WordPress.

WordPress muncul untuk meringankan Anda yang berkarya di bidang website. Salah satu hal yang harus mereka tahu, nyaris semua layanan web hosting sudah siap dipakai untuk WordPress.

Kendatipun begitu, tidak semua jadi terbaik dan paling bagus bila digunakan. Dalam memilih hosting WordPress tentunya beberapa hal yang perlu kita timbang, salah satunya segi biaya yang praktis dan terjangkau.

Andai biaya mahal tentu saja dapat membikin Anda terseok-seok, belum lagi bila tidak berfungsi dengan sempurna. Sebab itu kita haruslah memilih dengan cermat dan tepat supaya tidak rugi dan sia-sia. Apalagi WordPress sangat dibutuhkan untuk mereka yang aktif di web, apalagi sekarang ini sudah banyak timbul blogger yang memperkenalkan kemampuannya melalui tulisan.

Bagaimana Cara Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress





  • Perhatikan Harga dan Kualitas





Bagaimana Cara Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress yang pertama ialah ada yang harus kita pertimbangkan ketika ingin memilih paket hosting untuk WordPress, yaitu HARGA. Anda direkomendasikan memilih biaya yang pas dengan kapasitas Anda, sebaiknya tidak sampai uang Anda terkuras untuk membayar biaya hosting web, sehingga membuat Anda harus hutang sehingga timbulkan penumpukan hutang.

Dan juga Anda harus sesuaikan web hostingnya dengan kebutuhan Anda, dimana kita tidak begitu membutuhkan memakai WordPress yang memiliki hosting akan tetapi Anda memaksakan untuk menggunakannya terlebih lagi harganya yang tidak murah. Harga sebagian banyak untuk hosting adalah $3 - $7 per bulannya masih tergolong dalam taraf wajar untuk harga shared Wordpress hosting.

Dan harga hosting VPS masih termasuk wajar bila ada pada rata-rata $20 - $70 tiap bulan.

Biaya harga yang besar pasti bikin Anda enggan membeli hosting akibatnya ada penyedia nakal yang memberikan harga yang terlalu rendah untuk ukuran WordPress hosting. Oleh sebab itu Anda harus mewaspadai apakah itu untuk usahanya juga kualitasnya. Andai saja kita diberi WordPress hosting tetapi kualitasnya rendah. Oleh karena itu pintar-pintarlah dalam membeli, supaya Anda tidak merasa telah mengeluarkan uang.



  • Pastikan WordPress Anda work secara optimal





Masih mengenai minimal spesifikasi hosting yang dapat digunakan untuk WorPress, Anda sebaiknya memastikan WordPress berjalan dengan baik tanpa ada error. Syarat minimal dalam memakai WordPress adalah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, dimana kita harus menelusuri apakah telah memenuhi segala syarat tersebut agar situs kita dapat berjalan secara optimal.



  • Riset kualitas dan nama baik perusahaan layanan hosting





Nama sebuah penyedia sangat penting sebab dapat menggambarkan kinerja penyedia itu serta reputasi juga dapat menarik perhatian orang lain untuk menggunakan jasa penyedia layanan hosting itu. Oleh sebab itu kita harus melakukan penelusuran kepada perusahaan web hosting supaya tidak dirugikan.

Jadi bayangkan saja bila kita menggunakan jasa web hosting yang tidak akuntable, tentu saja kebutuhan kita tidak mampu dilayani dengan baik sehingga membuat pekerjaan Anda terlantar. Terdapat beberapa cara untuk riset mengenai penyedia web hosting paling baik, seperti memakai internet dengan mencari informasi detail serta kita dapat melihat review banyak orang yang menggunakan jasa pada perusahaan itu. Ini diperlukan untuk melihat seberapa profesionalnya juga apakah perusahaan hosting tersebut bisa bekerja secara jujur dalam {bermitra|bekerja sama|melayani klien|menjadi mitra.



  • Apa ada layanan tambahan





Tidak semua orang yang mempunyai dana yang banyak untuk hosting WordPress, terdapat beberapa kelompok orang yang sangat butuh hosting tetapi budget yang dimiliki terbatas. Karena itu sebagian dari perusahaan web hosting memberi fitur ekstra juga program yang gratis untuk memikat customer yang punya budget yang sedikit.

Fitur seperti ini pasti sangat menguntungkan baik dari penyedia layanan ataupun konsumen dari web hosting. Dimana penyedia bakal mendapat pemasukan dan pelanggan web hosting mampu memakai layanan tersebut meski dananya sedikit. Biasanya perusahaan akan memberikan ekstra domain gratis, free installer, dan lainnya. Ini tentu menambahkan nilai dalam layanan yang telah Anda ambil dan pakai.

Semoga artikel tentang ‘Bagaimana Cara Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress’ berguna untuk Anda sebelum membuat weeb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Pilih Penyedia Hosting Terbaik untuk WordPress"

Post a Comment