Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress

Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress - Saat ini sudah banyak sekali penyedia jasa hosting yang memberi penawaran WordPress hosting termurah. Namun bagaimana tips memilih yang terbagus?

Sekarang ini banyak penyedia pemberi jasa hosting menawarkan WordPress hosting untuk Anda yang punya situs WordPress di Tanah Air. Tentu dikarenakan pemakai WordPress selalu mengalami lonjakan yang kilat sehingga sangat dibutuhkan hosting khusus yang efektif dan patut untuk para blogger WordPress itu.

Hal ini membuktikan dengan menjamurnya blogger-blogger salah satunya travel atau fashion blogger. Yang mana mereka meluapkan bakat dan berita via website mereka, sehingga tidak heran apabila lewat cara ini banyak blogger yang berpenghasilan uang tidak hanya melalui sosial media.

Pada umumnya layanan penyedia hosting memberi penawaran berbagai fitur. Mulai auto install, backup otomatis, juga security.

Ketahui Dulu Awal Mula WordPress



Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress



Sebelum menyampaikan tentang Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress, ada baiknya Kita mengenal apakah WordPress. WordPress adalah sejenis software yang digunakan dalam membuat blog, entah itu yang termasuk pribadi dan website news hingga online shop pun juga menggunakan WordPress.

Di tahun 2003 silam, Matt Mullenweg yang merupakan pendiri WordPress, menemukannya karena tekanan kebutuhan akan sebuah software guna publishing online. Pada Waktu itu terdapat platform yang dinamai b2, yang hampir sama dengan WordPress namun pengembangannya telah dihentikan.

Dari sinilah Matt mengamati peluang sehingga bersama beberapa temannya melakukan forking b2 hingga terciptalah WordPress. Hingga saat ini WordPress terus berkembang dengan pesat dengan berada dibawah perusahaan Automattic.Inc.

Berbagai Tipe Hosting



WordPress hosting adalah suatu penyedia hosting yang dibuat secara khusus untuk pemakai CMS WordPress yang mampu membantu pemilik blog bisa fokus pada konten websitenya tanpa repot mengurus masalah yang ada akibat kesalahan teknis, contohnya masa loading, keamanan, hingga masalah terbatasnya resource limit.

Hosting dibuat demikian agar bisa menunjang performa sebuah blog WordPress, entah dari aspek teknologi yang digunakan atau dukungan server yang diciptakan sebagai keperluan website WordPress.

Kebanyakan WordPress hosting bukan merupakan suatu jenis hosting, melainkan lebih sebagai kepada jenis hosting manakah yang support dalam pemakaian WordPress. Berikut ini merupakan jenis hosting yang dapat digunakan sebagai blog yang memakai WordPress:



  • Shared hosting





Jenis hosting ini merupakan yang cukup populer digunakan, jadi harga layanan hosting ini jauh lebih murah dari pada hosting lainnya. Sistem kerja shared hosting yaitu perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting menempatkan server yang telah terinstall berbagai aplikasi server seperti web, database, PHP, DNS, atau mail juga control panel hosting.

Selanjutnya konsumen akan diberikan akun sebagai control panel, yang mana setelah melakukan login customer dapat menginstal dan menjalankan webnya. Sangat mudah bukan cara kerjanya, ditambah lagi harganya yang terjangkau tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun. Penyedia pemberi shared hosting yang baik biasanya melakukan limited pemakaian sumber daya dari 1 akun agar tidak memboroskan seluruh sumber daya yang dapat membuat website akun lain dapat menjadi lelet.



  • Cloud hosting





Cloud hosting merupakan suatu bentuk hosting baru, yang cara kerjanya akan membentuk server yang tercabang alias saling terkoneksi antara satu dengan lain dengan tujuan mengoptimalkan sumber daya guna menjaga suatu blog agar tetap cepat.

Hal ini sangat direkomendasikan karena bukan hanya mengandalkan satu server saja, melainkan beberapa server yang saling terhubung (bekerja sama). Sebagai contoh ada penyedia layanan hosting berbasis cloud memiliki 5 server yang saling terkoneksi maka andai saja situs Anda tidak bisa diakses dalam 1 server, maka akan teralihkan ke server yang lain sehingga meringankan pengunjung agar tetap dapat mengakses website kita.



  • VPS Hosting





Semi dedicated hosting ada karena bermunculannya sistem operasi CloudLinux, semenjak itulah perusahaan mengawali memberikan penawaran hosting tipe ini. Dengan hadirnya CloudLinux, perusahaan dapat memberikan pelayanan dengan sumber daya yang aman dan memuaskan untuk customernya.

Yang mana setiap akun bisa menggunakan sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Daftar harga hosting macam ini hampir sama dengan managed VPS dimana bisa menggunakan sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Tetapi dalam loading website, tetap managed VPS yang masih unggul.



  • Dedicated server





Apabila Anda menggunakan hosting tipe ini maka akan dikasih 1 server yang utuh untuk Anda gunakan sendiri, sumber daya yang Anda sewa dapat Anda gunakan sampai puas. Akan tetapi ada dedicated server yang bersifat unmanaged juga managed, dimana yang unmanaged Anda harus melakukan setting sendiri dan managed mengenai setting telah diselesaikan oleh penyedia layanan hosting.

Yang Membedakan WordPress Hosting serta Jenis Hosting Lain



Bukan sedikit lagi yang menanyakan yang membedakan antara WordPress hosting dan hosting lain. Pengartiannya yaitu nyaris banyak jenis hosting bisa digunakan untuk WordPress.

Namun letak perbedaannya terdapat di hosting manakah yang dukung dengan penggunaan WordPress. Maksud support dengan pemakaian WordPress tidak hanya sebatas support instalasi WordPress secara instan, tapi juga support pada minimal spesifikasi untuk pemakaian WordPress, biasanya ada di versi PHP serta MySQL.

Selain support pada spesifikasi WordPress juga membutuhkan kualitas hosting yang baik karena penggunaan WordPress mempunyai volume load yang tinggi. Seringkali menjumpai sebuah website yang menggunakan WordPress sungguh lama untuk dilihat juga kadang-kadang tidak dapat diakses sebab overload database.

Mudahnya, sebuah situs yang memakai WordPress bisa dibilang tidak enteng dalam melakukan load serta menampilkan halaman.

Sebab itu blog yang memakai WordPress hendaklah memilih hosting yang mempunyai kualitas paling bagus atau biasa diartikan dengan hosting WordPress paling bagus. Namun tidak hanya kualitas server yang wajib dilihat seksama, tetapi juga harus melihat support juga fitur lainnya yang didapatkan.

Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress



Bagi kita yang tahu mengenai website, pasti telah paham WordPress. Akan tetapi sampai saat ini tidak sedikit orang yang belum mengetahui apa maksud dari WordPress, bagaimana cara kerjanya, serta juga bagaimana cara menentukan hosting terbaik untuk WordPress.

WordPress hadir guna meringankan kita yang bergerak dalam bidang web. Salah satu hal yang harus kita tahu, nyaris seluruh layanan web hosting sudah siap dipakai untuk WordPress.

Walaupun begitu, tidak semua menjadi terbaik dan bagus bila dipakai. Dalam memilih WordPress hosting tentunya beberapa hal yang perlu kita timbang, salah satunya segi tarif yang efektif dan murah.

Bila biaya berat tentu saja bisa membuat Anda tersedak, belum lagi jika tidak berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu Anda haruslah memilih secara teliti serta tepat agar tidak rugi dan sia-sia. Apalagi WordPress sangat diperlukan bagi kita yang aktif di web, apalagi sekarang telah banyak hadirnya blogger yang memperkenalkan kelihaiannya lewat tulisan.

Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress





  • Perhatikan Harga dan Kualitas





Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress yang pertama yaitu ada yang harus kita pertimbangkan jika ingin memilih paket hosting untuk WordPress, adalah harganya. Anda sebaiknya memilih biaya yang cocok dengan kapasitas Anda, sebaiknya tidak sampai budget Anda musnah guna membeli biaya hosting, dan membuat kita harus hutang sampai menyebabkan penumpukan hutang.

Serta juga Anda harus samakan web hostingnya dengan keinginan kita, yang mana Anda tidak begitu membutuhkan menggunakan WordPress yang berhosting namun Anda memaksakan untuk memakainnya apalagi harganya yang tidak murah. Harga rata-rata untuk hosting WordPress antara $3 - $7 per bulan masih termasuk dalam taraf umum untuk harga share hosting.

Sementara harga VPS masih termasuk wajar jika berada dalam rata-rata $20 - $70 per bulannya.

Penawaran harga yang besar tentu bikin kita enggan membeli WordPress hosting sehingga timbul penyedia nakal yang memberi harga yang rendah untuk ukuran WordPress hosting. Karena itu Anda harus mewaspadai apa itu untuk usahanya juga kualitasnya. Bisa saja Anda diberikan WordPress hosting tetapi kualitasnya buruk. Oleh karena itu pintar-pintarlah dalam membeli, agar kita tidak merasa telah mengeluarkan uang.



  • Pastikan WordPress Anda berjalan dengan optimal





Masih mengenai minimal spesifikasi hosting yang bisa digunakan untuk WorPress, kita sebaiknya memastikan WordPress bekerja dengan sempurna tanpa dihalangi problem. Syarat minimal saat memakai WordPress ialah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, dimana kita harus memeriksa apa telah memenuhi segala persyaratan tersebut agar web kita bisa berjalan dengan optimal.



  • Memantau kualitas dan nama baik penyedia layanan hosting





Nama baik sebuah penyedia sangat penting karena dapat menggambarkan performa perusahaan itu serta reputasi juga bisa menarik perhatian orang lain guna memakai jasa penyedia layanan hosting itu. Sebab itu Anda harus melakukan penelusuran kepada penyedia web hosting supaya tidak dirugikan.

Karena itu bayangkan saja jika kita menggunakan jasa web hosting yang tidak kredible, tentu saja kebutuhan Anda tidak bisa dilayani dengan maksimal jadi membuat pekerjaan Anda terbengkalai. Terdapat beberapa cara untuk riset tentang perusahaan web hosting terbaik, salah satunya memanfaatkan internet untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya serta Anda dapat melihat review pengguna lain yang membeli jasa pada penyedia layanan tersebut. Ini diperlukan untuk melihat seberapa profesionalnya juga apakah perusahaan web hosting tersebut bisa bekerja dengan jujur dalam {bermitra|bekerja sama|melayani klien|menjadi mitra.



  • Apa ada layanan yang lain





Tidak seluruh orang yang mempunyai dana yang banyak untuk hosting WordPress, ada sejumlah golongan orang yang sangat perlu WordPress hosting akan tetapi budget yang dimiliki tidak besar. Karena itu sejumlah perusahaan web hosting memberikan bonus tambahan juga program yang gratis untuk memikat customer yang punya dana yang sedikit.

Hal ini pasti sangat menguntungkan baik dari penyedia layanan ataupun klien dari hosting wordpress. Dimana perusahaan akan punya income dan pembeli web hosting bisa memakai layanan tersebut walaupun dananya tidak besar. Biasanya penyedia akan memberikan tambahan 1 domain gratis, free WordPress installer, free advertising credits, dan layanan backup gratis. Hal ini pasti menambahkan nilai dalam layanan yang telah Anda ambil dan pakai.

Semoga artikel tentang ‘Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress’ berguna untuk Anda sebelum membikin blog.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress"

Post a Comment