Bagaimana Cara Memilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress

Bagaimana Cara Memilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress - Pada saat ini sudah menjamur penyedia jasa hosting yang menawarkan WordPress hosting termurah. Namun bagaimana trik memilih yang terbagus?

Sekarang ini banyak penyedia layanan jasa hosting menawarkan WordPress hosting untuk kita yang mempunyai situs WordPress di Indonesia. Tak lain dikarenakan pemakai WordPress selalu mengalami kenaikan yang drastis sehingga dibutuhkan hosting khusus yang efisien dan patut untuk para blogger WordPress itu sendiri.

Hal ini membuktikan dengan banyaknya blogger sebagai contoh travel atau fashion blogger. Dimana mereka menyalurkan bakat dan update ke web mereka, so tidak kaget bila melalui jalur ini banyak penulis yang mendapatkan uang tidak hanya melalui sosial media (sosmed).

Sudah banyak layanan penyedia hosting memberi penawaran berbagai fitur. Contohnya auto install, backup otomatis, atau security.

Cari Tahu Dulu Sejarah WordPress



Bagaimana Cara Memilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress



Sebelum membahas tentang Bagaimana Cara Memilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress, ada baiknya Kita kenal apakah itu WordPress. WordPress ialah sejenis software yang dipakai dalam membuat website, entah itu yang berbentuk pribadi ataupun website news hingga toko online sekalipun juga memakai WordPress.

Ketika tahun 2003 silam, Matt Mullenweg yang adalah pendiri WordPress, menemukannya dikarenakan tekanan kebutuhan akan sebuah tools guna publishing online. Ketika itu terdapat software yang disebut b2, yang hampir sama dengan WordPress tetapi developnya telah dihentikan.

Disini Matt menilai kesempatan sehingga bersama beberapa koleganya melakukan forking b2 hingga terbentuklah WordPress. Sampai saat ini WordPress terus mengembang dengan cepat dengan berada dibawah naungan Automattic.Inc.

Beberapa Tipe Hosting



Hosting WordPress adalah suatu layanan hosting yang dibuat secara khusus untuk pemakai CMS WordPress yang bisa membantu pemilik web bisa fokus dengan konten websitenya tanpa kesusahan menangani problem yang ada akibat kesalahan teknis, misalnya kecepatan loading, security, hingga masalah terbatasnya resource limit.

Hosting diciptakan sedemikian rupa supaya bisa mendukung performa sebuah blog WordPress, entah dari segi teknologi yang digunakan atau arsitektur server yang diciptakan dalam keperluan site WordPress.

Kebanyakan WordPress hosting bukan sebagai suatu jenis hosting, tetapi sebagai kepada jenis hosting mana yang support dalam pemakaian WordPress. Di bawah ini ada beberapa jenis hosting yang dapat digunakan sebagai website yang memakai WordPress:



  • Shared hosting





Tipe hosting ini yaitu yang cukup populer digunakan, sehingga harga jasa hosting ini jauh lebih terjangkau dari pada hosting lainnya. Sistem kerja shared hosting adalah perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting memberikan server yang telah terinstall beberapa aplikasi server mulai dari web, database, PHP, DNS, atau mail termasuk control panel hosting.

Selanjutnya pembeli akan dikasih akun untuk control panel, yang mana setelah melakukan login konsumen dapat menginstal dan menjalankan webnya. Sangat simple bukan cara kerjanya, ditambah harganya yang murah tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun. Perusahaan pemberi shared hosting yang bagus biasanya melakukan membatasi pemakaian sumber daya dari 1 akun agar tidak memboroskan seluruh sumber daya yang dapat membuat website akun lain dapat menjadi lambat.



  • Cloud hosting





Cloud hosting yaitu suatu bentuk hosting baru, yang sistem kerjanya akan membentuk server yang tercabang alias saling terhubung antara satu dengan yang lain dengan tujuan memaksimalkan sumber daya untuk menjaga suatu situs agar tetap online.

Hal ini sangat disarankan karena bukan hanya mengandalkan satu server saja, tetapi beberapa server yang saling terhubung (bekerja sama). Misalnya saja ada penyedia layanan hosting berbasis cloud memiliki 5 server yang saling terkoneksi maka andai saja situs Anda down pada 1 server, maka akan teralihkan ke server yang lainnya sehingga meringankan trafik agar tetap bisa menjangkau blog Anda.



  • VPS Hosting





Semi dedicated hosting ada karena adanya sistem operasi CloudLinux, sejak saat itulah perusahaan mengawali menawarkan hosting jenis ini. Dengan adanya CloudLinux, penyedia layanan dapat memberikan pelayanan dengan sumber daya yang menjamin dan memuaskan untuk pelanggannya.

Dimana setiap akun bisa memakai sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Daftar harga hosting jenis ini sejajar dengan managed VPS dimana bisa memakai sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Tetapi dalam loading website, tetap managed VPS yang masih unggul.



  • Dedicated server





Apabila Anda menggunakan hosting jenis ini maka akan diberikan 1 server yang penuh untuk Anda pakai sendiri, sumber daya yang Anda sewa dapat Anda gunakan sampai puas. Namun terdapat dedicated server yang bersifat unmanaged dan managed, dimana yang unmanaged Anda Wajib lakukan konfigurasi sendiri dan managed tentang setting telah diselesaikan oleh penyedia layanan hosting.

Yang Membedakan WordPress Hosting dan Tipe Hosting Lain



Bukan sedikit lagi yang menyoal yang membedakan antara WordPress hosting dan hosting lain. Penjabarannya yaitu nyaris semua macam hosting bisa digunakan untuk WordPress.

Namun letak perbedaannya ada di hosting manakah yang support dengan penggunaan WordPress. arti dari support dengan pemakaian WordPress tidak hanya terbatas support instalasi WordPress secara instan, akan tetapi serta support pada minimal spesifikasi untuk pemakaian WordPress, umumnya ada pada versi PHP juga MySQL.

Selain mendukung pada spesifikasi WordPress juga memerlukan kualitas hosting yang optimal karena penggunaan WordPress memiliki volume load yang cukup tinggi. Seringkali mengunjungi sebuah website yang menggunakan WordPress sungguh lambat untuk diakses juga terkadang tidak bisa diakses disebabkan overload database.

Lebih sederhananya, sebuah website yang memakai WordPress bisa dikatakan tidak enteng dalam melakukan load atau menampilkan halaman.

Karena itu blog yang memakai WordPress hendaklah menyeleksi hosting yang punya kualitas paling baik atau biasa dikatakan dengan hosting WordPress paling baik. Akan tetapi tidak hanya kualitas server yang harus diseleksi, tetapi harus melihat support serta fitur lainnya yang didapatkan.

Bagaimana Cara Memilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress



Untuk kita yang paham dengan website, tentu telah paham WordPress. Namun sampai saat ini tidak sedikit orang yang belum mengerti apa yang disebut WordPress, seperti apa prosesnya, dan juga seperti apa cara pilih hosting paling bagus untuk WordPress.

WordPress ada untuk mempermudah Anda yang berkecimpung di bidang website. Salah satu aspek yang perlu kita ketahui, nyaris seluruh layanan web hosting sudah siap dipakai untuk WordPress.

Kendati demikian, tidak seluruhnya jadi paling baik dan paling bagus bila dipakai. Dalam pilih hosting WordPress pasti banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan, salah satunya sisi biaya yang efektif dan terjangkau.

Andai biaya ekspensif pasti bisa membikin Anda merana, belum lagi apabila tidak berfungsi dengan optimal. Karena itu kita wajib memilih dengan teliti dan tepat agar tidak rugi dan sia-sia. Terlebih WordPress sangat dibutuhkan bagi Anda yang aktif di website, apalagi saat ini sudah banyak munculnya blogger yang memperkenalkan keahliannya lewat tulisan.

Bagaimana Cara Memilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress





  • Perang Harga dan Kualitas





Bagaimana Cara Memilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress yang pertama yaitu ada yang harus Anda pertimbangkan jika ingin memilih paket hosting untuk WordPress, adalah HARGA. Anda sebaiknya pilih biaya yang cocok dengan kapasitas Anda, jangan sampai uang Anda habis guna membeli biaya web hosting, dan membuat kita harus hutang sampai menimbulkan penumpukan hutang.

Dan juga Anda harus samakan web hostingnya dengan keinginan Anda, dimana kita tidak begitu membutuhkan memakai WordPress yang berhosting akan tetapi Anda memaksakan untuk menggunakannya apalagi harganya yang tidak sedikit. Harga rata-rata untuk hosting antara $3 - $7 per bulannya masih termasuk dalam taraf wajar untuk harga hosting.

Dan harga VPS hosting masih termasuk maklum bila ada pada range $20 - $70 per bulannya.

Biaya harga yang besar pasti bikin kita malas membeli hosting sehingga ada penyedia nakal yang memberikan harga yang sangat rendah untuk ukuran WordPress hosting. Oleh karena itu Anda harus mewaspadai apakah itu untuk usaha juga kualitasnya. Bisa saja kita diberikan WordPress hosting tetapi kualitasnya sangat buruk. Karena itu pandailah dalam memilih, supaya kita tidak merasa dengan mengeluarkan uang.



  • Pastikan WordPress kita bekerja secara maksimal





Masih mengenai minimal spesifikasi hosting yang dapat dipakai untuk WorPress, kita sebaiknya memastikan WordPress berjalan dengan baik tanpa ada error. Syarat minimal dalam memakai WordPress adalah PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, dimana Anda Wajib memeriksa apakah sudah memenuhi segala kriteria itu supaya situs Anda dapat bekerja secara maksimal.



  • Riset kualitas dan nama baik perusahaan layanan hosting





Reputasi sebuah perusahaan sangat utama sebab dapat mencerminkan performa perusahaan itu dan branding juga dapat menarik perhatian orang lain untuk memakai jasa perusahaan layanan hosting itu. Sebab itu kita harus melakukan penelusuran kepada perusahaan web hosting agar tidak ditipu.

Jadi andaikan saja jika kita memakai jasa web hosting yang tidak terpecaya, pasti keinginan kita tidak dapat disediakan dengan baik serta membuat pekerjaan Anda terlantar. Terdapat berbagai cara untuk riset tentang penyedia web hosting paling bagus, salah satunya memanfaatkan internet untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya atau kita bisa memonitor review banyak orang yang memakai jasa pada perusahaan tersebut. Ini dilakukan untuk melihat seberapa profesionalnya dan apakah penyedia web hosting tersebut bisa bekerja dengan jujur saat {bermitra|bekerja sama|melayani klien|menjadi mitra.



  • Memanfaatkan fitur yang lain





Tidak banyak orang yang mengalokasikan dana yang besar untuk WordPress hosting, ada sejumlah golongan orang yang sangat membutuhkan WordPress hosting akan tetapi budget yang dimiliki sedikit. Sebab itu sebagian dari penyedia layanan web hosting memberikan fitur tambahan dan program yang GRATIS untuk menarik pengguna yang memiliki dana yang terbatas.

Hal ini pasti sangat menguntungkan baik dari penyedia layanan ataupun konsumen dari web hosting. Yang mana perusahaan bakal mendapatkan pemasukan dan pelanggan web hosting bisa menggunakan layanan tersebut walaupun dananya sedikit. Biasanya perusahaan akan memberikan ekstra hosting unlimited, free domain, serta beberapa lainnya. Ini tentu menambahkan nilai dalam layanan yang telah kita pilih dan pakai.

Semoga artikel tentang ‘Bagaimana Cara Memilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress’ memiliki manfaat untuk kita sebelum buat situs.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Memilih Penyedia Web Hosting Termurah untuk WordPress"

Post a Comment