Bagaimana Rekomendasi Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress

Bagaimana Rekomendasi Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress - Sekarang ini sudah menjamur perusahaan jasa hosting yang memberi penawaran WordPress hosting murah. Tetapi bagaimana cara memilih yang terbaik?

Sekarang ini banyak perusahaan layanan jasa hosting menawarkan WordPress hosting untuk Anda yang miliki situs WordPress di Indonesia. Tentu disebabkan pemakai WordPress selalu mengalami peningkatan yang cepat sehingga sangat dibutuhkan hosting khusus yang efektif dan sesuai untuk para blogger WordPress itu.

Kondisi ini dibuktikan dengan semakin banyaknya blogger sebagai contoh travel atau fashion blogger. Dimana mereka mencurahkan talenta dan informasi melalui web mereka, sehingga tidak kaget bila melalui jalur ini banyak orang yang menghasilkan uang bukan hanya lewat sosial media.

Umumnya perusahaan penyedia hosting memberi penawaran berbagai fitur. Antara lain auto install, backup otomatis, serta security.

Simak Dulu Sejarah WordPress



Bagaimana Rekomendasi Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress



Sebelum menyampaikan tentang Bagaimana Rekomendasi Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress, lebih dulu Kita mengenal apa itu WordPress. WordPress ialah semacam platform yang digunakan dalam membuat website, entah itu yang berbentuk privat dan site news atau toko online sekalipun juga menggunakan WordPress.

Pada tahun 2003 lalu, Matt Mullenweg yang adalah pendiri WordPress, menemukannya disebabkan desakan kebutuhan akan sebuah software untuk publishing online. Saat itu ada software yang bernama b2, yang hampir sama dengan WordPress namun developnya telah dihentikan.

Dari sinilah Matt mengamati kesempatan sehingga bersama beberapa koleganya melakukan forking b2 sehingga terciptalah WordPress. Sampai sekarang WordPress terus meningkat dengan pesat dengan berada dibawah perusahaan Automattic.Inc.

Macam-Macam Hosting



WordPress hosting adalah suatu penyedia hosting yang dibuat secara khusus untuk pengguna CMS WordPress yang mampu membantu pemilik blog dapat fokus pada isi web tanpa kesusahan menangani masalah yang ada karena kesalahan teknis, antara lain kecepatan website, security, atau masalah terbatasnya resource limit.

Hosting dibuat demikian agar dapat perbaiki performa sebuah site WordPress, entah dari aspek teknologi yang dipakai atau arsitektur server yang dibentuk dalam keperluan site WordPress.

Umumnya WordPress hosting bukan seperti suatu jenis hosting, akan tetapi lebih sebagai kepada jenis hosting manakah yang memadai dalam pemakaian WordPress. Di bawah ini ada beberapa jenis hosting yang bisa dipakai untuk website yang menggunakan WordPress:



  • Shared hosting





Jenis hosting ini yaitu yang paling populer digunakan, sehingga harga layanan hosting ini jauh lebih terjangkau daripada hosting lainnya. Sistem kerja shared hosting adalah perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting menempatkan server yang telah terinstall berbagai aplikasi server mulai dari web, database, PHP, DNS, dan mail juga control panel hosting.

Kemudian pembeli akan dikasih akun untuk control panel, dimana setelah melakukan login pembeli bisa mengupload dan menjalankan webnya. Sangat simpel bukan cara kerjanya, terlebih harganya yang cukup murah tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun. Perusahaan pemberi shared hosting yang ciamik biasanya melakukan pembatasan penggunaan sumber daya dari 1 akun agar tidak menghabiskan seluruh sumber daya yang bisa membuat website akun lain dapat menjadi lelet.



  • Cloud hosting





Cloud hosting adalah suatu bentuk hosting baru, yang proses kerjanya akan membentuk server yang tercabang atau saling terkoneksi antara satu dengan lain bertujuan mengoptimalkan sumber daya guna menjaga suatu website agar tetap on fire.

Hal ini sangat disarankan karena bukan hanya mengutamakan satu server saja, melainkan beberapa server yang saling terhubung (bekerja sama). Contohnya ada penyedia layanan hosting berbasis cloud memiliki 5 server yang saling bekerja sama maka jikalau situs Anda down dalam 1 server, maka akan dipindahkan ke server yang lain sehingga meringankan trafik agar tetap bisa melihat website Anda.



  • VPS Hosting





Semi dedicated hosting muncul karena bermunculannya sistem operasi CloudLinux, sejak saat itulah perusahaan mengawali menawarkan hosting macam ini. Dengan munculnya CloudLinux, penyedia layanan bisa memberikan pelayanan dengan sumber daya yang aman dan memuaskan untuk pembelinya.

Dimana setiap akun mampu menggunakan sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Price hosting macam ini hampir sama dengan managed VPS dimana dapat menggunakan sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Tetapi dalam loading website, tetap managed VPS yang masih unggul.



  • Dedicated server





Jika Anda memakai hosting semacam ini maka akan diberikan 1 server yang utuh untuk Anda gunakan sendiri, sumber daya yang Anda sewa dapat Anda pakai hingga puas. Akan tetapi ada dedicated server yang bersifat unmanaged dan managed, dimana yang unmanaged Anda Wajib melakukan konfigurasi sendiri serta managed tentang setting sudah diselesaikan oleh perusahaan layanan hosting.

Beda WordPress Hosting serta Tipe Hosting Yang Lain



Bukan sedikit lagi yang menanyakan perbedaan antara WordPress hosting dan hosting lain. Pengartiannya yakni hampir kesemua jenis hosting bisa digunakan untuk WordPress.

Namun letak perbedaannya terdapat di hosting mana yang dukung dengan pemakaian WordPress. arti dari support dengan pemakaian WordPress bukan hanya terbatas support instalasi WordPress secara instan, namun serta support pada minimal spesifikasi untuk penggunaan WordPress, umumnya terletak dalam versi PHP dan MySQL.

Selain mendukung pada spesifikasi WordPress juga butuh kualitas hosting yang bagus karena penggunaan WordPress memiliki kapasitas load yang cukup tinggi. Seringkali dijumpai sebuah website yang menggunakan WordPress terlalu lambat untuk dilihat juga terkadang down sebab overload database.

Gampangnya, sebuah blog yang menggunakan WordPress bisa dibilang tidak enteng dalam melakukan load serta menampilkan halaman.

Karena itu website yang menggunakan WordPress hendaklah memilih hosting yang miliki kualitas terbaik atau biasa disebut dengan hosting WordPress terbagus. Namun bukan hanya kualitas server yang wajib diseleksi, melainkan juga harus memperhatikan support serta fitur lain yang akan didapat.

Bagaimana Rekomendasi Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress



Untuk Anda yang khatam tentang website, hampir pasti telah mengenal WordPress. Tetapi sampai saat ini tidak sedikit orang yang belum paham apa yang disebut WordPress, seperti apa cara kerjanya, dan juga bagaimana cara memilih hosting paling baik untuk WordPress.

WordPress hadir untuk mempermudah mereka yang berkecimpung di bidang web. Salah satu aspek yang wajib Anda ketahui, nyaris semua layanan web hosting sudah bisa dipakai untuk WordPress.

Walau begitu, tidak seluruhnya jadi terbaik dan bagus bila dipakai. Ketika pilih WordPress hosting pasti beberapa hal yang Wajib kita timbang, salah satunya faktor biaya yang praktis dan terjangkau.

Kalau biaya berat pasti dapat membuat Anda tercekik, belum lagi apabila tidak bermanfaat dengan optimal. Oleh sebab itu Anda harus memilih dengan teliti dan sempurna agar tidak rugi dan sia-sia. Terlebih WordPress sangat diperlukan bagi Anda yang aktif di blog, apalagi sekarang telah banyak munculnya blogger yang memperkenalkan kelihaiannya melalui tulisan.

Bagaimana Rekomendasi Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress





  • Perang Harga dengan Kualitas





Bagaimana Rekomendasi Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress yang pertama ialah ada yang harus kita pertimbangkan apabila ingin memilih paket hosting untuk WordPress, yaitu harga. Anda sebaiknya memilih biaya yang cocok dengan kapasitas Anda, jangan sampai uang Anda musnah untuk membeli biaya hosting web, dan membuat kita harus hutang bahkan menimbulkan akumulasi hutang.

Dan juga kita harus sesuaikan web hostingnya dengan keinginan Anda, dimana Anda tidak begitu membutuhkan memakai WordPress yang berhosting tetapi Anda memaksakan untuk menggunakannya apalagi harganya yang cukup mahal. Harga kisaran untuk WordPress hosting antara $3 - $7 per bulannya masih tergolong dalam taraf umum untuk harga share hosting.

Sementara harga hosting VPS masih termasuk wajar apabila ada dalam range $20 - $70 per bulan.

Penawaran harga yang terlalu besar tentu bikin kita malas membeli hosting akibatnya muncullah penyedia nakal yang memberi harga yang sangat rendah untuk ukuran hosting WordPress. Oleh karena itu kita haruslah mewaspadai baik itu untuk usaha serta kualitas. Mungkin saja Anda diberikan WordPress hosting tetapi kualitasnya buruk. Oleh sebab itu pandailah dalam memilih, supaya Anda tidak rugi setelah mengeluarkan uang.



  • Pastikan WordPress Anda berjalan dengan optimal





Masih mengenai minimal spek hosting yang bisa dipakai untuk WorPress, kita sebaiknya memastikan WordPress bekerja dengan maksimal tanpa ada error. Syarat minimal dalam memakai WordPress yaitu PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, dimana Anda Wajib menelusuri apa telah memenuhi segala syarat tersebut agar web Anda dapat bekerja secara maksimal.



  • Memantau kualitas dan nama baik penyedia layanan hosting





Nama baik sebuah perusahaan sangat penting sebab bisa menggambarkan kinerja perusahaan itu serta reputasi juga dapat menarik perhatian banyak orang guna menggunakan jasa penyedia layanan hosting itu. Oleh karena itu kita wajib melakukan riset kepada perusahaan web hosting agar tidak ditipu.

Jadi andaikan saja jika kita menggunakan jasa web hosting yang tidak terpecaya, pasti keinginan kita tidak mampu dipenuhi dengan maksimal jadi membuat pekerjaan ita terbengkalai. Ada banyak cara untuk riset tentang penyedia web hosting paling baik, salah satunya memanfaatkan internet untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya serta kita bisa melihat review pengguna lain yang memakai jasa pada penyedia layanan tersebut. Ini diperlukan untuk memantau seberapa profesionalnya juga apakah penyedia web hosting tersebut mampu bekerja secara jujur dalam {bermitra|bekerja sama|melayani klien|menjadi mitra.



  • Cari tahu fitur tambahan





Tidak seluruh orang yang mempunyai dana yang banyak untuk hosting, terdapat sejumlah golongan orang yang sangat perlu hosting tetapi dana yang dipunya tidak besar. Sebab itu beberapa perusahaan web hosting memberikan fitur ekstra serta program yang FREE untuk menarik pengguna yang memiliki budget yang sedikit.

Hal ini tentu sangat menarik baik dari perusahaan maupun konsumen dari hosting wordpress. Dimana perusahaan bakal mendapatkan income dan pengguna web hosting bisa memakai layanan tersebut walaupun dananya tidak besar. Umumnya perusahaan akan memberikan ekstra 1 domain gratis, free WordPress installer, free advertising credits, dan layanan backup gratis. Hal ini tentu menambahkan nilai pada layanan yang telah Anda ambil dan pakai.

Semoga artikel tentang ‘Bagaimana Rekomendasi Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress’ berguna untuk Anda sebelum buat situs.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Rekomendasi Memilih Web Hosting Termurah untuk WordPress"

Post a Comment