Trik dan Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress

Trik dan Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress - Pada sekarang ini banyak sekali penyedia jasa hosting yang memberikan WordPress hosting murah. Tetapi bagaimana tips memilih yang paling bagus?

Saat ini banyak penyedia layanan jasa hosting menawarkan WordPress hosting untuk mereka yang miliki situs WordPress di Indonesia. Hal ini disebabkan pengguna WordPress selalu mengalami lonjakan yang cepat sehingga dibutuhkan hosting khusus yang efisien dan layak untuk blogger WordPress itu sendiri.

Kondisi ini terbukti dengan menjamurnya blogger-blogger salah satunya travel atau fashion blogger. Dimana mereka mencurahkan kemampuan dan info via website mereka, so tidak kaget jika lewat jalur ini banyak blogger yang menghasilkan uang bukan hanya melalui sosial media.

Sudah banyak perusahaan penyedia hosting memberikan berbagai fitur. Mulai auto install, backup otomatis, dan security.

Cari Tahu Dulu Sejarah WordPress



Trik dan Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress



Sebelum mempelajari tentang Trik dan Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress, alangkah baiknya Kita kenal apa itu WordPress. WordPress yakni seperti tools yang digunakan dalam membuat web, entah itu yang berbentuk personal maupun situs berita bahkan online shop sekalipun juga memakai WordPress.

Di tahun 2003 lalu, Matt Mullenweg yang merupakan kreator WordPress, menemukannya disebabkan desakan kebutuhan tentang sebuah software untuk publishing online. Pada Waktu itu ada platform yang bernama b2, yang hampir sama dengan WordPress akan tetapi developnya telah distop.

Disitulah Matt melihat kesempatan sehingga bersama beberapa koleganya melakukan forking b2 sehingga terbentuklah WordPress. Sampai sekarang WordPress terus meningkat dengan pesat dengan berada dibawah perusahaan Automattic.Inc.

Macam-Macam Hosting



WordPress hosting merupakan suatu layanan hosting yang diterapkan secara khusus untuk pemakai CMS WordPress yang dapat membantu pemilik blog bisa fokus pada konten blog tanpa kesusahan menangani masalah yang muncul akibat kesalahan teknis, seperti masa loading, security, hingga problem terbatasnya resource limit.

Hosting diciptakan sedemikian rupa supaya dapat meningkatkan performa sebuah blog WordPress, mulai dari segi teknologi yang digunakan atau arsitektur server yang didesain dalam keperluan website WordPress.

Kebanyakan WordPress hosting bukan merupakan suatu jenis hosting, tetapi lebih sebagai kepada jenis hosting yang mana yang support dalam pemakaian WordPress. Di bawah ini adalah jenis hosting yang dapat digunakan sebagai situs yang memakai WordPress:



  • Shared hosting





Tipe hosting ini merupakan yang cukup populer dipakai, jadi harga jasa hosting ini sangat lebih terjangkau dari pada hosting yang lain. Proses kerja shared hosting yakni perusahaan pemberi jasa layanan shared hosting menempatkan server yang telah terinstall beberapa aplikasi server antara lain web, database, PHP, DNS, atau mail termasuk control panel hosting.

Kemudian customer akan diberi akun untuk control panel, dimana setelah melakukan login pelanggan bisa mengupload dan menjalankan webnya. Sangat praktis bukan cara kerjanya, apalagi harganya yang cukup murah tentu saja dalam 1 server shared hosting terdapat banyak akun. Penyedia pemberi shared hosting yang baik biasanya melakukan limited pemakaian sumber daya dari 1 akun agar tidak menghabiskan seluruh sumber daya yang bisa membuat website akun lain dapat menjadi lambat.



  • Cloud hosting





Cloud hosting yaitu suatu konsep hosting baru, yang proses kerjanya akan membentuk server yang tercabang alias saling terkoneksi antara satu dengan lainnya bertujuan memaksimalkan sumber daya guna menjaga suatu website agar tetap online.

Hosting ini sangat direkomendasikan karena tidak hanya mengutamakan satu server saja, akan tetapi beberapa server yang saling terkoneksi (bekerja sama). Contohnya ada penyedia layanan hosting berbasis cloud mempunyai 5 server yang saling terkoneksi maka andai saja situs Anda down pada 1 server, maka akan dipindahkan ke server yang lain sehingga meringankan pengunjung agar tetap dapat melihat web kita.



  • VPS Hosting





Semi dedicated hosting muncul karena adanya sistem operasi CloudLinux, semenjak itulah perusahaan mulai menawarkan hosting macam ini. Dengan munculnya CloudLinux, perusahaan bisa memberikan pelayanan dengan sumber daya yang terjamin dan memuaskan untuk pelanggannya.

Dimana tiap-tiap akun dapat menggunakan sumber daya hingga 2 vCPU, 5 GB RAM, I/O 10 MB. Price hosting macam ini hampir sama dengan managed VPS yang mana dapat memakai sumber daya yang lebih banyak dari managed VPS. Tetapi dalam loading website, tetap managed VPS yang masih unggul.



  • Dedicated server





Kalau Anda memakai hosting tipe ini maka akan diberikan 1 server yang utuh untuk Anda pakai sendiri, sumber daya yang Anda sewa dapat Anda gunakan hingga puas. Akan tetapi ada dedicated server yang bersifat unmanaged juga managed, dimana yang unmanaged Anda harus lakukan konfigurasi sendiri dan managed tentang konfigurasi telah dilakukan oleh perusahaan layanan hosting.

Beda WordPress Hosting serta Kategori Hosting Lain



Banyak yang menyoal yang membedakan antara WordPress hosting dengan hosting yang lain. Penjabarannya ialah nyaris banyak macam hosting dapat dipakai untuk WordPress.

Tetapi letak perbedaannya terdapat di hosting apa yang mendukung dengan pemakaian WordPress. arti dari support dengan pemakaian WordPress bukan hanya terbatas support instalasi WordPress secara instan, namun serta support pada minimal spek untuk pemakaian WordPress, umumnya ada di versi PHP juga MySQL.

Selain dukungan pada spesifikasi WordPress juga membutuhkan kualitas hosting yang baik karena pemakaian WordPress memiliki volume load yang tinggi. Seringkali menjumpai sebuah website yang menggunakan WordPress sungguh lambat untuk dikunjungi juga kadang-kadang tidak dapat diakses dikarenakan overload database.

Mudahnya, sebuah situs yang menggunakan WordPress bisa dikatakan tidak ringan dalam melakukan load atau menampilkan halaman.

Karena itu situs yang menggunakan WordPress sebaiknya pilih hosting yang memiliki kualitas terbaik atau bisa disebut dengan hosting WordPress paling bagus. Namun tidak hanya kualitas server yang harus diseleksi, melainkan juga harus memperhatikan support dan fitur lainnya yang didapatkan.

Trik dan Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress



Untuk kita yang fasih dengan website, sudah barang tentu telah kenal WordPress. Akan tetapi sampai saat ini tidak sedikit orang yang belum tahu apa yang disebut WordPress, bagaimana sistemnya, serta juga seperti apa cara menentukan hosting terbaik untuk WordPress.

WordPress hadir guna memudahkan kita yang berkecimpung dalam bidang blog. Salah satu faktor yang wajib Anda ketahui, hampir semua layanan web hosting telah tersedia untuk WordPress.

Walaupun begitu, tidak semua jadi terbaik dan paling bagus bila digunakan. Ketika memilih WordPress hosting tentu berbagai hal yang perlu Anda timbang, salah satunya sisi biaya yang praktis dan terjangkau.

Andai biaya mahal tentu saja dapat bikin Anda terseok-seok, belum lagi jika tidak bermanfaat dengan optimal. Sebab itu kita wajib memilih dengan teliti dan sempurna agar tidak rugi dan percuma. Apalagi WordPress sangat diperlukan bagi kita yang aktif di blog, apalagi sekarang ini telah banyak munculnya blogger yang memperkenalkan kemampuannya lewat tulisan.

Trik dan Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress





  • Cermati Harga dan Kualitas





Trik dan Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress yang pertama yakni ada yang harus kita timbang apabila ingin memilih paket hosting untuk WordPress, yaitu harga. Anda direkomendasikan pilih biaya yang pas dengan kemampuan Anda, hindari sampai budget kita lenyap untuk membayar biaya hosting web, dan membuat Anda harus mengutang bahkan sebabkan penumpukan hutang.

Selain itu juga Anda harus samakan web hostingnya dengan kebutuhan kita, yang mana kita tidak begitu membutuhkan menggunakan WordPress yang berhosting tetapi Anda memaksakan untuk menggunakannya apa lagi harganya yang tidak sedikit. Harga kisaran untuk hosting adalah $3 - $7 per bulannya masih termasuk dalam taraf umum untuk harga hosting.

Sementara harga VPS masih termasuk umum apabila ada pada kisaran $20 - $70 tiap bulan.

Biaya harga yang besar pasti membuat kita enggan memakai WordPress hosting akibatnya ada pedagang nakal yang memberi harga yang terlalu rendah untuk ukuran hosting WordPress. Oleh sebab itu Anda harus waspada apakah itu untuk usahanya serta kualitas. Andai saja kita diberikan WordPress hosting tetapi kualitasnya buruk. Oleh karena itu cermatlah dalam memilih, supaya kita tidak rugi dengan mengeluarkan uang.



  • Pastikan WordPress kita berjalan secara maksimal





Masih berhubungan dengan minimal spesifikasi hosting yang mampu dipakai untuk WorPress, Anda sebaiknya memastikan WordPress bekerja dengan baik tanpa ada masalah. Syarat minimal dalam memakai WordPress yaitu PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0, yang mana Anda Wajib melihat apakah sudah memenuhi segala syarat tersebut supaya website kita bisa bekerja dengan maksimal.



  • Melihat kualitas dan nama baik perusahaan layanan hosting





Reputasi sebuah penyedia sangat penting sebab bisa mencerminkan performa penyedia tersebut serta branding juga bisa menarik perhatian orang lain guna memakai jasa perusahaan layanan hosting itu. Karena itu kita harus melakukan penelusuran terhadap penyedia web hosting agar tidak dirugikan.

Karena itu andaikan saja bila kita memakai jasa web hosting yang tidak akuntable, pasti kebutuhan Anda tidak mampu disediakan dengan maksimal serta membuat pekerjaan ita terlantar. Ada banyak cara untuk mencari tahu mengenai penyedia web hosting paling bagus, seperti memanfaatkan internet untuk mencari informasi yang banyak atau Anda bisa memantau review banyak orang yang menggunakan jasa pada perusahaan tersebut. Ini dilakukan untuk melihat seberapa profesionalnya juga apakah perusahaan web hosting tersebut bisa bekerja dengan jujur dalam {bermitra|bekerja sama|melayani klien|menjadi mitra.



  • Memanfaatkan fitur ekstra





Tidak semua orang yang mengalokasikan dana yang banyak untuk hosting, ada beberapa golongan orang yang sangat perlu WordPress hosting akan tetapi budget yang dipunya terbatas. Sebab itu sejumlah perusahaan web hosting memberikan fitur tambahan juga program yang gratis untuk menarik pengguna yang memiliki budget yang terbatas.

Ini tentu sangat menarik baik dari perusahaan ataupun customer dari web hosting. Dimana perusahaan bakal mendapat pemasukan dan customer web hosting dapat memakai layanan tersebut walaupun dananya terbatas. Biasanya perusahaan akan memberikan tambahan domain gratis, free installer, dan lainnya. Pilihan pasti menambahkan nilai dalam layanan yang telah kita pilih dan gunakan.

Semoga artikel tentang ‘Trik dan Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress’ berguna untuk kita sebelum membuat blog.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik dan Cara Pilih Penyedia Web Hosting Terbaik untuk WordPress"

Post a Comment